Bukan Hanya Produk Kecantikan, Ini 6 Penyebab Kulit Wajah Alami Bruntusan

Jumat, 26 Agustus 2022 | 00:01:00

Penny Fatikasari

Penulis : Penny Fatikasari

Bukan Hanya Produk Kecantikan, Ini 6 Penyebab Kulit Wajah Alami Bruntusan

Ilustrasi Kulit Wajah Bruntusan (Pinterest)

Ladiestory.id - Salah satu masalah kulit yang bisa membuat kaum hawa menjadi kurang percaya diri, adalah kulit wajah bruntusan. Kulit wajah bruntusan biasa ditandai dengan munculnya benjolan kecil di area kulit wajah sehingga kulit menjadi kasar dan tidak rata.

Tak melulu soal produk kecantikan, ternyata kulit wajah juga bisa alami bruntusan disebabkan oleh 6 hal ini, lho! Berikut di antaranya.

Pori-pori Wajah Tersumbat

Pori-pori Tersumbat (Pinterest)

 

Kulit wajah bruntusan umumnya terlihat seperti benjolan kulit di wajah, bahkan saat sudah tertutup dengan make up pun, benjolan ini bisa terlihat, lho. Hal ini pun membuat seseorang menjadi kurang percaya diri dengan penampilannya. Tak hanya di bagian wajah, bruntusan juga bisa muncul di bagian tubuh lainnya seperti punggung, tangan dan kaki.

Pori-pori wajah yang tersumbat bisa memunculkan jerawat dan komedo.  Menumpuknya sel kulit mati pada kulit wajah ini juga bisa menyebakan kulit wajah mengalami bruntusan. Agar bruntusan, jerawat dan komedo tidak semakin menyebar, maka kamu pun dapat menggunakan acne facial wash yang memiliki kandungan salicylid acid, benzoil peroksida, alpha hydroxyl acid (AHA) hingga retinol. Tentunya, kamu pun harus cermat memiliki produk pembasmi jerawat, komedo, dan bruntusan yang mampu mengecilkan pori dan sesuai dengan kebutuhan dan jenis kulitmu, ya Ladies?

Peradangan Pada Kulit Wajah

Peradangan Kulit. (Pinterest)

 

Munculnya peradangan pada kulit wajah dapat disebabkan karena jerawat yang membandel. Akibatnya, kulit wajah bisa muncul ruam merah bahkan jerawat semakin meradang. Peradangan pada kulit wajah akibat jerawat dapat mengakibatkan penumpukan sel-sel kulit mati. Minyak berlebih yang menempel pada kulit wajah juga membuat kulit bisa semakin mudah terinfeksi bakteri akibat jerawat. Kamu juga bisa mengatasinya dengan membantu menghilangkan kotoran dan bakteri dengan bahan alami seperti cuka apel, madu, hingga tea tree.

Milia

Milia. (Pinterest)

 

Munculnya tanda-tanda milia di wajah biasanya kerap muncul di area kelopak mata, bibir hingga pipi. Penyebab yang timbul akibat milia ini dikarenakan protein kulit atau biasa disebut keratin menjadi tertahan di kulit. Milia sendiri juga seperti kista yang tidak berbahaya yang juga ditandai seperti benjolan kecil berwarna putih ataupun kuning di area kulit.

Rosacea atau Peradangan Kronis

Rosacea. (Pinterest)

 

Rosacea atau perdangan kronis yang timbul di kulit wajah ditandai dengan timbulnya bintik-bintik seperti jerawat serta kondisi kulit kemerahan. Biasanya, rosacea ini sering muncul dibagian dagu, hidung, pipi, serta dahi bagian bawah.

Eksim

Eksim. (Pinterest)

 

Bruntusan juga dapat disebabkan akibat munculnya awal penyakit eksim dan dermatitis atopik. Kondisi ini merupakan gejala penyakit kulit yang ditandai dengan rasa gatal serta munculnya ruam pada kulit yang memerah, berkerak, hingga kulit bersisik pada wajah.

Alergi Makanan dan Minuman

Alergi Makanan dan Minuman. (Pinterest)

 

Tak hanya soal produk kecantikan, penyebab kulit wajah alami bruntusan juga bisa diakibatkan dengan gejala alergi makanan dan minuman. Tentunya, kondisi kulit dan hormon seseorang berbeda-beda. Hal ini bisa saja disebabkan ketidakcocokan makanan dan minuman tertentu sehingga menyebabkan kulit wajah terasa gatal, panas dan alami bruntusan.

Itulah 6 penyebab yang bisa diakibatkan kulit wajah alami bruntusan. Untuk itu, selalu biasakan untuk menjaga pola hidup bersih dan sehat agar terhindar dari bakteri penyakit. Selain itu, gunakan produk kecantikan sesuai jenis kulit serta rutin cuci muka selama dua kali sehari agar wajah benar-benar bersih dan terhindar dari kotoran dan bakteri. Semoga bermanfaat.