Mudah Dibuat, 5 Ide MPASI yang Baik untuk Si Kecil

Senin, 1 Agustus 2022 | 20:30:00

Mudah Dibuat, 5 Ide Mpasi Yang Baik Untuk Si Kecil

Ilustrasi makanan bayi. (Special)

Ladiestory.id - MPASI atau makanan pendamping ASI merupakan makanan yang diberikan kepada bayi yang telah berusia 6 bulan sebagai pandamping bagi bayi yang sedang menyusui. Dalam membuat MPASI tak sembarang, perlu diperhatikan kandungan dan cara yang tepat. Berikut ide MPASI yang baik untuk si Kecil.

Alpukat dan Ubi Jalar

Ide untuk MPASI (Special)

Dr. William Sears yang merupakan dokter anak ternama menempatkan buah alpukat di urutan nomor pertama dalam daftar buah yang terbaik untuk bayi, karena nutrisi dalam buah alpukat sangat cocok untuk pertumbuhan bayi.

Kandungan nutrisi dari alpukat dianggap memiliki nilai gizi yang tinggi. Karena alpukat merupakan sumber terbaik untuk protein, niasin, tiamin, asam folat yang baik untuk kesehatan anak. Sedangkan ubi jalar mengandung serat yang dapat membantu menyehatkan pencernaan bayi.

Cara membuatnya adalah siapkan ubi jalar yang dipotong dadu, 1 buah alpukat dan 4 gelas air. Langkah pertama masukan ubi jalan ke dalam wadah bersama air dan rebus selama 25 menit. Jika sudah matang, saring ubi jalar dari air dan biarkan dingin.

Selanjutnya masukkan buah alpukat dalam blender dan tambahkan secangkir air, masukan juga ubi jalar yang sudah dingin ke dalam blender, lalu haluskan. Jika kurang, tuangkan air lebih banyak untuk mendapatkan konsistensi puree yang diinginkan.

Puree Kentang Wortel

Ide untuk MPASI (Special)

Kentang mengandung vitamin C dan berbagai enzim yang baik untuk kulit bayi. Tak hanya itu, kentang juga membantu melancarkan sistem pencernaan dan menjaga kesehatan hati pada bayi. Meskipun memiliki banyak kandungan baik, kentang lebih diperkenalkan saat bayi berusia 7 hingga 10 bulan.

Salah satu sayuran yang cocok yang dijadikan pendamping kentang adalah wortel. Sayuran wortel memiliki sumber vitamin A yang baik untuk kesehatan mata.

Cara membuatnya adalah siapkan wortel yang telah dikupas dan dipotong kubus, siapkan juga kentang yang dipotong kasar, 60 ml susu formal dan 1 sendok makan mentega.

Langkah pertama masukan wortel dan kentang dalam panci dan rebus sekitar 20 menit sampai empuk, jika sudah tiriskan dan masukan lelehan mentega dan susu dalam panci kecil, dalam wadah tumbuk kentang dan wortel hingga halus dan tembahkan lelehan mentega dan susu aduk hingga rasa, MPASI siap disajikan.

Sup Labu

Labu untuk Mpasi (freepik)

Melansir studi yang ditebitkan oleh National Library of Medicine, Labu merupakan sumber nutrisi yang tepat untuk diberikan kepada bayi. Pada 100 gram labu terkandung berbagai nutrisi penting diantara protein, lemak, karbohidrat, serat, kalsium, forfor dan beta karoten.

Tak hanya memiliki vitamin C, labu juga mengandung vitamin A yang diperlukan buat menjaga kesehatan bayi. Kemudian kandungan asam amino pada labu berfungsi pada pembentukan berbagai hormon dalam tubuh

Cara pembuatannya siapkan 100gram labu kuning kukus, ayam cincang, setengah buah wortel, kaldu ayam. Langkah pertama masukan kaldu ayam ke dalam panci dan tambahkan ayam cincang dan labu yang telah dikukus, masukan juga wortel dan aduk berata, tunggu hingga kaldu mendidih, jika sudah siap matikan api dan diamkan sebentar, jika belum lembut kamu bisa haluskan lagi dengan saringan atau blender.

Ayam dan Sayuran

Ide untuk MPASI (Special)

Daging merupakan sumber zat besi, protein, dan seng yang berkualitas tinggi dan memiliki nilai gizi yang lebih besar dibandingkan dengan sereal, sayuran atau buah-buahan.

Cara membuatnya kamu perlu siapkan dada ayam tanpa tulang dan kulit yang direbus hingga lunak dan potong dadu, siapkan air 1 gelas ukuran sedang, 3 wortel yang dikukus dan dipotong dadu, dan setengah mangkuk daun kol direbus.

Langkah pertama masukan semua bahan ke dalam blender, tambahkan ASI dan air yang telah disesuaikan, blender semua hingga lembut sesuai yang diinginkan.

Puree Brokoli

Ide untuk MPASI (Special)

Sayuran Brokoli memiliki banyak manfaat seperti meningkatkan imunitas, mengembangkan penglihatan bayi, cegah risiko anemia dan

Caranya cukup praktis kamu hanya siapkan brokoli dan air putih, langkah pertama kamu harus cuci bersih brokoli lalu rendam pada air yang telah diberi garam, rebus selama 10 – 15 menit, blender dan tambahkan sedikit air hingga konsistensi lembut yang diinginkan.

s