5 Khasiat Kunyit Putih alias Temu Mangga untuk Kesuburan Wanita

Kamis, 28 Oktober 2021 | 10:25:00

Diana Rahmawati

Penulis : Diana Rahmawati

5 Khasiat Kunyit Putih Alias Temu Mangga Untuk Kesuburan Wanita

Foto: Okezone

Ladiestory.id - Sebagai negera yang dikenal akibat banyaknya rempah-rempah, pasti kunyit sudah sangat familier ditelinga, kan? Kunyit adalah salah satu jenis tanaman remah yang banyak ditemukan di Indonesia.

Bila umumnya kunyit kuning yang mempunyai warna oranye dipakai sebagai jamu. Masih terdapat kunyit lain yang kurang diketahui, yakni kunyit putih atau temu mangga yang memiliki nama latin Curcuma mangga.

Khasiat Kunyit Putih/Temu Mangga

Kunyit putih/temu mangga terkenal dalam tanaman rempah yang mempunyai banyak manfaat di dalamnya yang bisa dimanfaatkan untuk obat tradisional. Salah satunya bagi kesuburan perempuan supaya cepat hamil.

Walaupun terdapat banyak perawatan yang tersedia, pengobatan rumahan mengenakan kunyit putih atau temu mangga bagi kesuburan selalu diyakini efektif dalam proses kehamilan.

Hal ini sebab kunyit sebagai agen antiseptik dan anti-bakteri alami dan dikenal luas karena khasiat obatnya tergolong meningkatkan kesuburan.

Lantas, apa saja khasiat kunyit putih atau temu mangga untuk kesuburan? Check this out!

1. Mengatasi Gangguan Saat Haid

foto: ladiestory.id
Foto: Ladiestory.id

Kunyit putih atau temu mangga diyakini sangat ampuh dalam mengatasi beragam permasalahan gangguan perempuan ketika memasuki periode mensturasi.

Umumnya perempuan yang mengalami gangguan ketika menstruasi entah akibat penyakit yang terjadi pada rahim maupun saluran reproduksi, maka darah yang mengalir umumnya menjadi tidak lancar.

Bila sudah seperti itu, biasanya akan berakibat dalam menyebabkan darah beku pada rahim. Dengan mengonsumsi kunyit putih/temu mangga yang mengandung senyawa ini akan merangsang gerakan aliran darah pada area rahim serta panggul.

2. Meningkatkan Gairah Seksual

foto: ladiestory.id
Foto: Ladiestory.id

Hubungan seks yang terus menerus akan membantu dalam meningkatkan peluang kehamilan. Tapi hal ini akan sulit dilakukan bila gairah seks antara suami dan juga istri menurun.

Nah, konsumsi kunyit putih atau temu mangga ini dapat membantu meningkatkan gairah seksual sehingga menjadikan suami dan istri dapat melakukan hubungan intim dalam usaha untuk mempunyai anak.

3. Mengatasi Kandungan Lemah

foto: ladiestory.id
Foto: Ladiestory.id

Salah satu faktor penghambat kehamilan perempuan yaitu masalah kandungan atau rahim yang lemah. Tidak hanya memperhambat, bahkan kerap menjadi penyebab terjadinya keguguran ketika hamil.

Terdapat banyak penyebab kandungan yang lemah, diantaranya akibat penyakit PCOS atau kumpulan gejala yang ditandai dengan ketidak seimbangan hormon yang bisa terjadi pada wanita di usia subur.

Penderita yang mengalami penyakit ini umumnya akan mempunyai kadar testosteron yang sangat tinggi. Lalu akan menghambat ovulasi dan menstruasi serta sel telur yang tidak matang sempurna

Dengan mengonsumsi kunyit putih atau temu mangga nyatanya dan mengatasi semua masalah ini lho, sebab kunyit putih/temu mangga dapat meningkatkan siklus aliran darah pada rahim dan menjaga keseimbangan hormon.

4. Menurunkan Stres

foto: ladiestory.id
Foto: Ladiestory.id

Selain wanita, kesuburan pria pun perlu dipertimbangkan ketika merencanakan kehamilan. Pada pria, tingkat stres yang tinggi dapat memengaruhi kualitas spermanya, dan akhirnya akan memastikan peluang kehamilan tinggi atau rendah.

Nah, salah satu manfaat kunyit ialah menurunkan stres pada pria yang dapat membuat kualitas spermanya membaik serta kemungkinan hamil dapat lebih tinggi.

5. Merangsang Peredaran Darah

foto: ladiestory.id
Foto: Ladiestory.id

Kunyit putih atau temu mangga pun dikenal baik dalam merangsang peredaran darah pada area rahim dan sekitarnya.

Peredaran darah yang lancar sangat penting bagi kesuburan sebab dapat membantu perempuan mempunyai kualitas sel telur yang jauh lebih sehat.

Kunyit diyakini dapat meningkatkan kerja rahim sehingga dapat memperoleh aliran darah yang sesuai. Umumnya kunyit putih atau temu mangga dikonsumsi oleh perempuan usia subur maupun perempuan dewasa yang tidak tengah hamil.

Tapi, ketika tengah hamil pun kamu dapat mengonsumsi kunyit putih atau temu mangga supaya dapat meningkatkan kontraksi sehingga tidak ada risiko kelahiran prematur.

Nah, bagi pasangan yang sedang mendambakan kehadiran seorang anak dapat mengonsumsi kunyit putih atau temu mangga untuk kesuburan. Semoga bermanfaat.