5 Manfaat Konsumsi Asparagus Bagi Ibu Hamil

Selasa, 25 Oktober 2022 | 00:01:00

Penny Fatikasari

Penulis : Penny Fatikasari

5 Manfaat Konsumsi Asparagus Bagi Ibu Hamil

Ilustrasi asparagus (Spesial)

Ladiestory.id - Asparagus merupakan sayuran yang kaya akan asam folat. Sayuran ini juga hadir dalam beberapa varian warna, seperti hijau, putih, dan juga ungu. Asparagus juga mengandung vitamin, mineral, serta antioksidan.

Selain itu, asparagus juga kerap dijadikan sebagai menu makanan untuk diet. Bagi ibu hamil, asparagus juga memiliki 5 manfaat yang baik bagi kesehatan ibu dan janin, seperti yang telah terangkum berikut ini.

Menangkal Radikal Bebas

Ilustrasi ibu hamil . (Special)

Kandungan zat antioksidan dari asparagus ini mampu melindungi kesehatan ibu dan janin dari radikal bebas. Dilansir Nutrition Data, dalam kandungan 90 gram asparagus memiliki 20 kalori, 0,2 gram lemak, dan 2,2 gram protein yang sangat baik bagi kebutuhan gizi ibu hamil.

Asparagus juga memiliki kandungan flavonoid , quercetin dan kaempferol yang tinggi yang dapat membantu menurunkan tekanan darah, antivirus, anti bakteri, dan juga memiliki sifat anti inflamasi.

Selain itu, kandungan antioksidan dalam asparagus ini juga mengandung vitamin C dan vitamin D, serta dapat mengurangi risiko tekanan darah dan mencegah terjadinya risiko penyakit jantung. Mengonsumsi asparagus dengan tambahan buah dan sayuran juga dapat membantu menyeimbangkan nutrisi ibu hamil dan meningkatkan kesehatan semasa kehamilan.

Lancarkan Pencernaan

Ilustrasi ibu hamil. (Special)

Sembelit, diare, nyeri usus, dan lambung kerap dialami oleh ibu hamil. Maka dari itu, ibu hamil juga perlu kandungan serat untuk membantu melancarkan pencernaan. Setengah mangkuk asparagus mengandung 1,8 gram serat yang baik untuk komposisi serat harian bumil.

Asparagus juga dikenal memiliki kandungan serat yang tidak larut, namun jenis serat ini tentunya juga akan membantu melancarkan pencernaan dan kotoran secara teratur.

Turunkan Kadar Tekanan Darah

Ilustrasi Tekanan Darah. (Special)

Asparagus juga memiliki kandungan kalium yang berkhasiat untuk menurunkan darah tinggi. Asparagus yang memiliki kandungan kalium yang dapat membantu menjaga kadar tekanan darah, sehingga ibu terhindar dari risiko penyakit jantung.

Sehatkan Janin

Ilustrasi ibu hamil. (Special)

Asparagus juga memiliki kandungan asam folat yang tinggi, sehingga menjadi nutrisi penting bagi pertumbuhan janin dalam kandungan, serta dapat membantu membentuk sel darah merah untuk pertumbahan dan perkembangan janin.

Cegah Bayi Cacat Lahir

Ilustrasi ibu hamil. (Special)

Mengonsumsi asparagus, buah-buahan, dan sayuran hijau dapat mencegah bayi cacat lahir termasuk risiko terjadinya spina bifilda. Tak hanya itu, mengonsumsi asparagus juga dapat mencegah terjadinya cacat tabung saraf pada janin selama proses terjadinya embryogenesis, serta mencegah terjadinya kerusakan kandung kemih.

Itulah ke 5 manfaat baik yang bisa didapatkan dari mengonsumsi asparagus bagi ibu hamil dan janin dalam kandungan. Selain bergizi dan menyehatkan, asparagus juga merupakan sajian hidangan lezat yang bisa diolah dengan berbagai jenis resep, mulai dari direbus, dipanggang, dikukus, ataupun ditumis.