Bukan Berarti Lemah, Ini 6 Manfaat Menangis Bagi Kesehatan Tubuh

Kamis, 28 Juli 2022 | 22:00:00

Penny Fatikasari

Penulis : Penny Fatikasari

Bukan Berarti Lemah, Ini 6 Manfaat Menangis Bagi Kesehatan Tubuh

Ilustrasi Manfaat Menangis (pinterest)

Ladiestory.id - Menangis merupakan salah satu cara seseorang untuk mengeskpresikan perasaan. Mulai dari haru bahagia, sayang kesal, marah bahkan rasa sakit yang amat dalam akibat kehilangan pun bisa menjadi alasan seseorang merasa sedih dan menangis.

Terkadang dengan menangis membuat seseorang merasa menjadi lebih lega dan membaik. Namun, menangis bukan menunjukan bahwa sesorang itu lemah, dengan menangis juga memiliki 6 manfaat bagi kesehatan tubuh seperti berikut ini.

Memproses Emosi Jadi Lebih Baik

Emosi Lebih Baik (pinterest)

Ketika seseorang merasa marah, kesal bahkan tertekan mereka mulai mengeluarkan emosi yang ada dalam dirinya. Hal itu adalah cara tubuh untuk memproses dan melepaskan stres. Nggak jarang air mata pun keluar perlahan, sehingga kamu meluapkan segala emosi yang terpendam. Selain detokfikasi fisik, ternyata air mata membantu memproses emosi menjadi lebih baik dan dapat menyembuhkan hati.

Bantu Lepaskan Hormon Endorfin

Melepaskan Endorfin (pinterest)

Ketika  menangis, entah itu pada saat kamu menonton film yang menyayat hatimu atau menyaksikan adegan yang buatmu baper. Secara tidak langsung, hormon emosi maupun stres yang terkandung dalam tubuhmu keluar bersamaan dengan perasaan baik.

Pada saat menangis, endorfin yang juga merupakan pereda nyeri pada tubuh atau yang biasa disebut dengan hormon kebaikan ini distimulasi kemudian dilepaskan beberapa saat dari dalam tubuh.

Bantu Lepaskan Hormon Stres

Melepaskan Hormon Stres (pinterest)

Ketika kamu sedang mengalami masalah yang begitu hebat, membuat dirimu tak tertahankan untuk mengeluarkan segala emosi yang ada. Kamu akan menangis sekuat-kuatnya bahkan membuat fisikmu terasa sakit dan berat.

Dalam hal ini, air mata yang keluar dari tubuhmu dikarenakan reaksi emosional, stres. Bahkan depresi membantu mengendurkan tubuh untuk melepaskan perasaan lelahmu, akibat depresi maupun stres. Pada saat kamu menangis dan mengeluarkan air mata, secara tidak langsung kamu telah melepaskan hormon stres maupun racun dari dalam tubuhmu, loh.

Hal ini ditunjukan ketika setelah menangis kamu akan merasakan sedikit lebih lega, pernapasan dan detak jantung sedikit berkurang dan tidak sedramatis pada saat kamu merasakan emosi, secara perlahan pun kamu akan menjadi lebih tenang.

Menangis Berikan Ikatan Emosional

Memberi Ikatan Emosional (pinterest)

Kamu pasti pernah melihat atau berinteraksi langsung dengan orang-orang yang tertimpa musibah. Berduka cita karena merasa kehilangan dengan orang tercinta, bahkan kamu menyaksikan betapa menyedihkannya saudara-saudara yang hidup kekurangan dibandingan dengan  kehidupanmu.

Menangis membuat kamu menjadi lebih dekat dengan orang lain serta memberikan ikatan emosional. Selain itu, dengan menangis membantu kita untuk lebih dekat secara interpersonal. Hal itu juga menunjukan bahwa sebetulnya kita sedang merasa terharu bahagia, merasakan kesedihan yang sama dengan orang lain bahkan merasakan ikatan emosional antara dirimu dengannya.

Bantu Tingkatkan Mood

Meningkatkan Mood (pinterest)

Menangis bukan berarti cengeng dan lemah, menangis justru dapat membuatmu meredakan rasa emosional bahkan membantu perasaan menjadi lebih rileks. Maka dari itu dengan menangis juga akan membantu meningkatkan mood seseorang.

Saat terisak dalam tangisnya seseorang akan lebih mudah menghirup udara lebih cepat dari biasanya tanpa disadari. Kondisi ini dapat membantu pola pernapasan dan menurunkan suhu otak, dengan begitu tubuh dan otak akan lebih merasa rileks.

Selain itu, setelah menangis pun akan membuat perasaanmu jauh lebih tenang dan merasa lega.

Bantu Keseimbangan Mental

Membantu Keseimbangan Mental (pinterest)

Biasanya sebelum menangis, sesorang akan mengalami rasa emosional yang kompleks dan terkadang membuat emosi seseorang menjadi tidak stabil. Tak jarang, saat menangis sesorang akan lebih mudah mengeskpresikan perasaanya mulai dari rasa marah yang meledak-ledak, frustasi hingga lebih bersemangat dari biasanya. Tetapi setelah menangis seseorang akan kembali normal kembali.

s