Sehat dan Bergizi! 7 Menu Makan Siang Anak Sekolah dari Berbagai Negara

Selasa, 19 Juli 2022 | 13:00:00

Sehat Dan Bergizi! 7 Menu Makan Siang Anak Sekolah Dari Berbagai Negara

Ilustrasi murid yang makan siang di sekolah. (Spesial)

Ladiestory.id - Istirahat makan siang pasti menjadi momen yang sangat dinantikan saat masa bersekolah dulu. Jika bel sudah berbunyi murid-murid langsung berhamburan keluar kelas. Entah berlari menuju kantin atau membuka bekal makan siang yang dibawa dari rumah.

Di beberapa negara maju, sekolah mengambil peran penting menyediakan makanan siang dengan gizi seimbang. Namun hal itu belum berlaku secara penuh di negara berkembang. Sebab, tidak semua sekolah di negara berkembang menyediakan menu makan siang. Biasanya, orang tua lah yang menyiapkan bekal makan siang. 

Waktu makan siang di sekolah bisa menjadi salah satu bagian terbaik dan terpenting dari hari anak-anak, tetapi apa yang dimakan anak-anak jelas berbeda. Misalnya di Jepang, anak-anak tidak hanya disajikan makanan sehat, tetapi mereka juga bergantian menyajikan makan siang. Mereka diajarkan memasak sejak dini, dan memberikan pelayanan makan siang yang biasanya di kantin sekolah. Lalu di Brazil, sekolah diwajibkan untuk menyediakan makanan sehat bagi siswa dengan 30% bahan yang bersumber dari petani lokal.

Berikut ini ragam lezatnya menu makan siang anak sekolah dari berbagai negara di dunia.

Finlandia

Makan siang siswa di Finlandia. (Spesial)

Finlandia adalah negara pertama di dunia yang menyediakan makan siang gratis untuk setiap siswa, dan hukum memastikan standar nutrisi yang tinggi. Sayuran seperti salad bit dan lobak panggang memakan setidaknya setengah dari piring, tepung atau biji-bijian seperti crepe dengan selai lingonberry yang sedikit asam, dan protein seperti hernekeitto, atau sup kacang polong yang ditambah dengan ham asap. Lalu ada roti renyah yang disebut näkkileip disajikan di sampingnya.

Korea Selatan

Makan siang siswa di Korea Selatan. (Spesial)

Di Korea Selatan, siswa makan dari nampan baja yang dipotong untuk ukuran porsi yang sempurna. Bagian yang lebih besar untuk nasi, lingkaran untuk sup, dan bagian yang lebih kecil untuk kimchi yang tajam dan pedas, beberapa sayuran, dan daging seperti potongan daging babi yang diasinkan yang disebut jaeyook bokum.

Hawaii

Makan siang siswa di Hawaii. (hawaiitribune-herald.com)

Berkat Program Pertanian ke sekolah yang berkembang di pulau ini, anak-anak di Hawaii mendapatkan makanan yang dibuat dengan bahan-bahan lokal yang segar, seperti tumis ayam dengan sayuran dan roti panggang segar di tempat.

Amerika Serikat

Makan siang siswa di Amerika Serikat. (Spesial)

Nampan makan siang di AS dapat berisi keju panggang yang lengket di atas roti gandum utuh yang renyah dengan sup tomat krim, stik wortel, buah seperti sekotak kismis dan apel, dan brownies untuk pencuci mulut sebelum kembali ke kelas.

Italia

Makan siang siswa di Italia. (Spesial)

Pelajar Italia lari ke kafetaria untuk menerima makanan dua menu dan jika anak-anak ini tinggal di Roma, makanan menurut undang-undang harus 70% organik.

Primo adalah hidangan pasta, sementara protein dan sayuran, seperti ayam panggang dengan mozarella yang lezat dan salad tomat.  Anak-anak mendapatkan buah segar untuk hasil akhir yang manis.

Thailand

Makan siang siswa di Thailand. (bangkokpost.com)

Menurut Program Pangan Dunia, siswa Thailand menerima makan siang paling bergizi di seluruh Asia. Anak-anak dapat mendapatkan makanan seimbang seperti ayam panggang, ketan, dan salad pepaya hijau pedas yang manis dan kaya antioksidan.

Inggris

Makan siang siswa di berbagai negara. (Spesial)

Undang-undang Inggris mengamanatkan bahwa sekolah menyediakan makanan sehat dari daging, buah-buahan, dan sayuran serta roti atau pati rendah gula. Seorang anak di Inggris mungkin disajikan jari ikan kod panggang dengan kentang panggang, kacang polong, dan segenggam biskuit coklat untuk pencuci mulut.