Jaga Kebugaran, Ini 6 Olahraga Ringan yang Bisa Dilakukan Saat Puasa

Sabtu, 2 April 2022 | 16:30:00

Astri Supriyati

Penulis : Astri Supriyati

Jaga Kebugaran, Ini 6 Olahraga Ringan Yang Bisa Dilakukan Saat Puasa

Ilustrasi olahraga. (Special)

Ladiestory.id - Puasa merupakan ibadah yang wajib dilakukan oleh umat Islam setiap Ramadan. Saat menjalankan puasa, tubuh tidak mendapatkan asupan makanan dan minuman mulai dari terbit fajar hingga terbenam matahari. Hal ini terkadang membuat seseorang enggan berolahraga. Padahal, tetap aktif saat berpuasa lebih efektif membakar lemak.

Namun, pilihlah olahraga dengan intensitas rendah untuk mencegah terjadi dehidrasi saat puasa. Lantas, olahraga seperti apa yang dapat dilakukan saat puasa? Ladiestory.id merangkum beberapa olahraga ringan yang bisa dilakukan saat puasa. 

Jalan Santai

Ilustrasi jalan kaki. (Special)

Jalan santai menjadi olahraga yang bisa Kamu lakukan saat puasa. Pasalnya, olahraga ini tak membuatmu mudah berkeringat, sehingga meminimalkan terjadinya dehidrasi.

Walau tergolong mudah dilakukan, jalan santai bermanfaat untuk menjaga kesehatan jantung, otot dan tulang. Agar tetap bugar saat berpuasa, pilihlah waktu yang tepat saat melakukan olahraga ini. Kamu bisa berjalan santai saat sore hari menjelang waktu buka puasa. 

Bersepeda

Ilustrasi bersepeda. (Dok. JTBC)

Bersepeda merupakan salah satu olahraga ringan yang menyenangkan. Olahraga ini bermanfaat untuk mengencangkan otot sekaligus menyehatkan jantung.

Selain itu, bersepeda dapat membuat tubuh tetap bugar lantaran olahraga ini membuat pikiran lebih tenang. Asupan oksigen yang masuk ke dalam tubuh pun dapat terkontrol lebih baik.

Bowling

Ilustrasi bowling. (Special)

Tak kalah menyenangkan dengan bersepeda, bowling menjadi salah satu alternatif olahraga ringan yang bisa dilakukan saat puasa. Olahraga ini cocok dilakukan menjelang waktu berbuka puasa. Bowling bermanfaat untuk melatih otot tangan serta menjaga keseimbangan tubuh. 

Yoga

Ilustrasi perempuan melakukan yoga. (Special)

Dilansir laman Live Strong, yoga merupakan salah satu olahraga ringan karena tidak begitu mengeluarkan banyak energi. Yoga berfokus pada latihan teknik pernapasan. Hal ini akan membantu proses suplai oksigen ke seluruh jaringan dan menyeimbangkan hormon.

Yoga dapat membuat tubuh lebih bugar dan menjaga pikiran tetap rileks. Selain itu, olahraga ringan ini pun dapat mempercepat proses detoksifikasi dalam tubuh. 

Di sisi lain, yoga pun dapat membakar kalori serta mampu memperbaiki postur tubuh. Minim risiko dehidrasi, yoga dapat dilakukan kapan pun dan di mana pun. Namun, sebaiknya pilihlah gerakan yoga yang mudah dilakukan.

Sebisa mungkin tentukan lokasi yang jauh dari keramaian. Hal ini bisa membuatmu merasa lebih tenang dan dapat melakukan yoga secara maksimal.

Naik Turun Tangga

Ilustrasi olahraga lari naik turun tangga. (Special)

Walau tampak sepele, tapi naik turun tangga menjadi olahraga yang bisa dilakukan saat berpuasa. Olahraga ini pun cenderung tidak menimbulkan dehidrasi jika dilakukan secara tepat.

Menariknya, olahraga ini pun cukup efektif dalam membakar lemak. Namun, tetap lakukan olahraga ini dengan intensitas normal dan tidak berlebihan.

Pilates 

Ilustrasi perempuan melakukan pilates. (Special)

Mirip dengan yoga, pilates juga dapat dilakukan saat puasa karena tak menguras banyak tenaga. Dilansir berbagai sumber, pilates cukup efektif membakar kalori. Bahkan satu jam berolahraga pilates dapat membakar hingga 200 kalori. Olahraga ini pun diyakini dapat memperbaiki postur tubuh dan mampu meningkatkan fleksibilitas. 

Perlu diingat, Kamu harus memperhatikan waktu yang tepat untuk berolahraga saat puasa. Ini bertujuan agar tidak mengganggu ibadah puasamu, Ladies.

Sebaiknya, hindari berolahraga pada siang hari, sebab berisiko mengalami dehidrasi. Kamu bisa berolahraga 2 sampai 1 jam sebelum berbuka puasa atau setelah berbuka, agar terhindar dari lemas dan dehidrasi.