Rutin Konsumsi Rumput Laut Bisa Berikan 7 Manfaat Ini

Selasa, 9 Agustus 2022 | 00:01:00

Penny Fatikasari

Penulis : Penny Fatikasari

Rutin Konsumsi Rumput Laut Bisa Berikan 7 Manfaat Ini

Ilustrasi Rumput Laut (pinterest)

Ladiestory.id - Selain diproduksi sebagai bahan alami untuk kecantikan, ternyata dengan rutin konsumsi rumput laut juga dapat memberikan manfaat yang baik bagi kecantikan serta kesehatan tubuhmu, loh.

Yup, tumbuhan yang hidup di sepanjang garis pantai ini juga kerap dijadikan hidangan mulai dari sushi, salad, sup hingga suplemen. Tak hanya enak di konsumsi, rumput laut juga memiliki 7 manfaat yang baik bagi kesehatan tubuh seperti berikut ini.

Cegah Penuaan Dini

Mencegah Penuaan Dini (pinterest)

Yup, siapa sangka jika kamu rutin mengonsumsi rumput laut, dapat bermanfaat untuk mencegah penuaan, loh. Dikenal sebagai kandungan alami dalam skincare, rumput laut juga dapat membantu mengatasi masalah kulit berjerawat sekaligus cegah munculnya tanda-tanda penuaan dini pada kulit.

Tak hanya itu, rumput laut juga kaya akan kandungan mineral, kalsium, za besi, natrium, kalium dan juga magnesium yang dapat membantu melindungi kulit dari radikal bebas serta paparan dari sinar UV. Selain itu, kandungan vitamin C pada rumput laut juga dapat membantu memproduksi kolagen serta niasin alami untuk mengatasi hiper pigmentasi maupun kerusakan kulit.

Menyehatkan Jantung

Menyehatkan Jantung (pinterest)

Tak hanya baik untuk kecantikan, rumput laut juga dipercaya dapat menstabilkan fungsi jantung serta menstabilkan gula darah. Kandungan serat pada rumput laut dapat membantu mengurangi lemak darah serta mengontrol gula darah. Tak hanya itu, rumput laut juga dapat membantu tubuh untuk mengatur dan mendetoksifikasi peredaran darah.

Dilansir dari Healthline,  kandungan karbohidrat yang disebut fucans pada rumput laut dapat membantu mencegah pembekuan darah yang berlebihan sehingga dengan mengonsumsi rumput laut maka dapat mengurangi terjadinya penyakit jantung.

Tingkatkan Metabolisme

Meningkatkan Metabolisme (pinterest)

Tahukah kamu jika rumput laut mengandung serat larut dan juga tidak larut sehingga menjadikannya sumber prebiotik. Sumber yang baik bagi metabolisme tubuh. Tak hanya itu rumput laut juga mengandung zat antioksidan serta memberikan manfaat anti inflamasi yang dapat membantu mengurangi resiko terjadinya obesitas maupun diabtes, loh.

Cegah Penyakit Tiroid

Mencegah Penyakit Tiroid (Special)

Rumput laut juga memiliki kandungan yang kaya akan yodium dan asam amino sehingga rumput laut memiliki manfaat lainnya untuk mencegah penyakit tiroid. Selain itu, kandungan polifenolnya juga memiliki manfaat untuk mendukung proses anti kanker dalam tubuh.

Bermanfaat untuk Fungsi Otak

Bermanfaat untuk Fungsi Otak (pinterest)

Manfaat lainnya yang dihasilkan dari rumput laut dapat meningkatkan fungsi otak, sekaligus membantu meningkatkan daya ingat. Hal ini dikarenakan rumput laut juga kaya akan asam lemak, omega 3, EPA dan DHA yang mampu meningkatkan kinerja otak dengan baik.

Tak hanya itu, rutin mengonsumsi rumput laut juga dapat meningkatkan kesehatan mata serta sangat baik bagi kesehatan sendi dengan kandungan zat besi dan kalium yang terkandung didalamnya. Wah, kaya akan manfaat bukan? 

Sumber Nutrisi

Sumber Nutrisi (pinterest)

Tak hanya kandungan asam lemak dan omega 3, rumput laut juga kaya akan sumber nutrisi. Rumput laut terutama yang berwarna cokelat memiliki kandungan yodium yang sangat tinggi serta kaya akan nutrisi.

Hal ini pun sangat baik dikonsumsi bagi ibu hamil dan janin. Dilansir dari National Institute of Health Office of Dietary Supplements bahwa dalam kandungan 1 gram rumput laut juga memiliki 16-2984 mikrogram yodium yang dapat mengurangi rasa kelelahan, rambut rontok, dan perubahan detak jantung.

Atasi Masalah Pencernaan

Atasi Masalah Pencernaan (pinterest)

Memiliki kandungan akan serat, rumput laut juga dapat bantu mengatasi masalah penceraan atau sembelit. Agar pencernaanmu tetap sehat maka mengonsumsi rumput baik juga dapat membantu memperlancar pencernaan. Selamat mencoba.

s