Menyehatkan, 5 Aktivitas Olahraga yang Aman Dilakukan Bagi Ibu Hamil

Rabu, 31 Agustus 2022 | 22:15:00

Penny Fatikasari

Penulis : Penny Fatikasari

Menyehatkan, 5 Aktivitas Olahraga Yang Aman Dilakukan Bagi Ibu Hamil

Ilustrasi AKtivitas Olahraga Bumil. (Pinterest)

Ladiestory.id - Selama masa kehamilan, tubuh mudah mengalami kelelahan bahkan malas untuk bergerak. Selain disebabkan oleh rasa mual, kondisi ibu hamil yang jarang bergerak juga tidak baik, loh?

Selain mendapatkan asupan energi dari makanan dan minuman, bumil juga bisa mendapatkan sumber energi penunjang lainnya dengan melakukan aktivitas berolahraga yang aman saat masa-masa kehamilan.

Tak perlu ekstrim, bumil bisa melakukan 5 aktivitas olahraga yang aman dan menyehatkan seperti berikut ini.

Berjalan Kaki

Berjalan Kaki. (Pinterest)

Berjalan kaki di sekitar komplek perumahan juga sangat baik untuk kesehatan bumil dan janin dalam kandungan. Berjalan kaki juga dapat meningkatkan latihan kardiovaskular yang tidak begitu melelahkan bagi otot kaki dan pergelangan kaki.

Selain itu, berjalan kaki juga dapa mengurangi risiko preeklamsia, menurunkan risiko diabetes, meredakan stres dan juga memudahkan persalinan secara normal. Berjalan kaki juga dapat bumil lakukan dari kehamilan trimester awal hingga akhir. Tetap berhati-hati dan jalan perlahan untuk melatih otot-otot tubuh dan bumil pun akan lebih sehat dan rileks.

Parental Yoga

Parental Yoga. (Pinterest)

Senam yoga atau parental yoga juga banyak diminati sebagai olahraga untuk ibu hamil. Saat ini pun sudah banyak kelas parental yoga khusus ibu hamil yang dibuka secara online mau pun offline.

Parental yoga membantu sendi bumil lebih kuat, lentur dan fleksibel. Selain itu, dengan beraktivitas yoga juga dapat membuat tubuh bumil jauh lebih rileks, menghindari stres, memperlancar sirkulasi darah, bahkan membantu sistem otot.

Senam yoga parental pun tentunya dapat dilakukan sesuai dengan kebutuhan saat hamil. Bumil juga harus berhati-hati dalam bergerak agar tidak menimbulkan cedera, serta mengganggu organ tubuh dan janin dalam kandungan.

Pilates

Pilates. (Pinterest)

Pilates merupakan salah satu aktivitas olahraga yang dapat dilakukan dengan mudah lewat gerakan-gerakan yang menekankan keseimbangan tubuh. Jenis pilates juga dapat disesuaikan dengan kebutuhan dan kemampuan masing-masing tiap orang.

Bagi ibu hamil, kegiatan olahraga pilates dapat memperlancar peredaran darah, mengurangi pegal-pegal punggung, meminimalisir varises, menjaga kebugaran tubuh, hingga dapat membantu tidur menjadi lebih baik. Selain itu, gerakan-gerakan ringan dari pilates juga dapat membantu menjaga tubuh ibu hamil, seperti menjaga metabolisme tubuh dan mengurangi penumpukan lemak dalam tubuh, gerakan pilates pun dapat dirasakan hingga setelah persalinan yang dapat mengembalikan bentuk tubuh lebih mudah.

Berenang

Berenang. (Pinterest)

Berenang merupakan salah satu kegiatan olahraga dalam air yang juga sangat baik bagi ibu hamil. Selain dapat melatih otot rahim, berenang juga dapat membantu memperlancar proses persalinan dan mengatur pola pernapasan.

Namun yang perlu perhatikan, bumil jangan berenang terlalu lama dalam kolam renang karena suhu yang dingin juga dapat mempengaruhi tubuh bumil.

Senam Hamil

Senam Hamil. (Pinterest)

Bumil juga bisa melakukan aktivitas olahraga senam hamil untuk membantu meregangkan otot-otot tubuh baik otot tangan, kaki dan panggul. Senam hamil juga dapat meningkatkan semangat dan energi sehingga mood ibu hamil bisa jauh lebih baik.

Selain itu, senam hamil juga dapat membantu meningkatkan detak jantung, memperlancar sirkulasi darah, mengatur pernapasan, serta menjadikan tubuh bumil tampak lebih sehat dan bugar.

Alangkah lebih baik, bumil juga tidak terlalu berlebihan dalam melakukan gerakan-gerakan yang ekstrim karena dapat membuat bumil mengalami cidera. Untuk itu bumil, dapat melakukan gerakan sewajarnya dan senyaman yang bisa dilakukan.

Itulah 5 aktivitas berolahraga yang aman dilakukan bagi ibu hamil. Semoga bermanfaat!