Ayo, Bahagia! 6 Kebiasaan yang Perlu Kamu Lakukan Setiap Hari

Senin, 10 Oktober 2022 | 12:30:00

Irma Fauzia

Penulis : Irma Fauzia

Ayo, Bahagia! 6 Kebiasaan Yang Perlu Kamu Lakukan Setiap Hari

Ilustrasi seseorang dengan kepribadian ENFJ. (Special)

Ladiestory.id - Menjadi bahagia adalah hal yang perlu kamu prioritaskan dalam hidup. Salah satunya dengan mulai membangun kebiasaan-kebiasaan atau habits positif. 

Kebiasaan ini tentu akan memberikan dampak yang baik pada tubuh, pikiran dan kesehatan mentalmu tentunya. Alhasil, kamu akan menjadi lebih produktif dan maksimal dalam melakukan aktivitas.

Berikut beberapa kebiasaan positif yang harus kamu lakukan setiap hari agar merasa bahagia, dilansir dari Health Line Online.

Tersenyum

 

Ilustrasi Orang Bahagia. (Pinterest.com)

 

Tahukan kamu bahwa tersenyum merupakan proses dua arah antara "karena bahagia" dan "menyebabkan bahagia"? Ya, kamu tersenyum karena bahagia, yang mana tersenyum sebenarnya juga membuat otak melepaskan dopamin, yang membuat kita lebih bahagia.

Meskipun tidak sepenuhnya mudah, para peneliti telah menemukan bahwa hubungan antara tersenyum dan kebahagiaan dapat dikaitkan dengan "hipotesis umpan balik wajah", di mana ekspresi wajah mungkin memiliki pengaruh sederhana pada emosi.

Namun, ini bukan berarti kamu harus berkeliling dengan senyum palsu yang terpampang di wajah sepanjang waktu. Tetapi, ketika kamu sedang merasa rendah diri, tersenyumlah dan lihat apa yang terjadi. Yuk coba memulai setiap pagi dengan tersenyum pada diri sendiri di cermin.

Olahraga

Ilustrasi perempuan olahraga. (Special)

Mendengar kata "olahraga" pasti langsung membuat pikiranmu kelelahan membayangkan gerakan-gerakan yang menguras keringat. Padahal ada banyak olahraga ringan yang dapat kamu lakukan dan tentunya memiliki manfaat bagi tubuh dan psikis.

Ya, olahraga tidak hanya untuk tubuhmu. Olahraga teratur dapat membantu mengurangi stres, perasaan cemas, dan gejala depresi sekaligus meningkatkan harga diri dan kebahagiaan.

Triknya adalah jangan terlalu memaksakan diri. Jika kamu tiba-tiba melemparkan diri ke dalam rutinitas yang berat, kamu mungkin akan berakhir frustrasi dan sakit. Mulailah dengan yang sederhana seperti peregangan selama lima menit, berlari-lari kecil, atau berjalan memutar komplek sebanyak satu kali.

Tidur yang Cukup

Ilustrasi tidur yang cukup. (Special)

Kebanyakan orang dewasa membutuhkan setidaknya 7 jam tidur setiap malam. Sayangnya, banyak aktivitas dan kesibukan membuat banyak orang kekurangan tidur. Bukan hanya itu, seringkali, tubuh sudah terbaring di kasur, namun pikiranmu masih memikirkan banyak hal.

Tidur yang cukup sangat penting untuk kesehatan termasuk fungsi otak dan kesejahteraan emosional. Tidur yang cukup juga mengurangi risiko kamu mengembangkan penyakit kronis tertentu, seperti penyakit jantung, depresi, dan diabetes.

Berlatih Bersyukur

Ilustrasi Bersyukur. (Special)

 

Cukup dengan bersyukur dapat meningkatkan mood kamu, di antara manfaat lainnya. Sebuah studi dua bagian menemukan bahwa mempraktikkan rasa syukur dapat memiliki dampak yang signifikan pada perasaan harapan dan kebahagiaan.

Kamu dapat mencoba memulai setiap hari dengan mengakui satu hal yang disyukuri. Kamu dapat melakukan ini saat menyikat gigi atau hanya menunggu alarm yang ditunda berbunyi.

Saat menjalani hari, pertimbangkan untuk memperhatikan hal-hal menyenangkan dalam hidupmu. Itu bisa berupa hal-hal besar, seperti mengetahui bahwa seseorang mencintai kamu atau mendapatkan promosi yang memang layak kamu dapatkan.

Dengan sedikit latihan, kamu bahkan dapat menjadi lebih sadar akan semua hal positif di sekitarmu.

Akui Saaat-saat Tidak Menyenangkan

Ilustrasi perempuan sedih atau galau. (Special)

Jika kamu mendapatkan kabar buruk, membuat kesalahan, atau hanya merasa sedang bersenang-senang, jangan mencoba berpura-pura bahagia.

Akui perasaan tidak bahagia, biarkan diri kamu mengalaminya sejenak. Kemudian alihkan fokusmu ke arah apa yang membuat kamu merasa seperti ini dan apa yang mungkin diperlukan untuk pulih.

Apakah latihan pernapasan dalam dapat membantu? Jalan-jalan jauh di luar? Membicarakannya dengan seseorang? Biarkan momen ini berlalu dan jaga dirimu. Ingat, tidak ada orang yang bahagia sepanjang waktu.

Berhenti Bandingkan Diri dengan Orang Lain

Ilustrasi bermain media sosial. (Special)

Tanpa disadari kamu memiliki kebiasaan buruk yaitu membandingkan diri dengan orang lain. Ntah ketika di tempat kerja, dalam perjalanan atau bahkan di media sosial.

Kamu mungkin mengalami lebih banyak ketidakpuasan, harga diri yang lebih rendah, dan bahkan depresi dan kecemasan. Oleh karena itu, dibutuhkan latihan untuk berhenti membandingkan diri dengan orang lain.

Berhenti membandingkan diri dengan orang lain ternyata sepadan dengan manfaat memiliki kedamaian dan kebahagiaan batinmu lho.