Catat! 5 Manfaat Ikan Tongkol untuk Kesehatan Tubuh

Rabu, 28 Desember 2022 | 00:01:00

Anisah Chamalia

Penulis : Anisah Chamalia

Catat! 5 Manfaat Ikan Tongkol Untuk Kesehatan Tubuh

Ilustrasi ikan tongkol. (Special)

Ladiestory.id - Ikan tongkol merupakan salah satu jenis ikan yang cukup populer di Indonesia. Bahkan, banyak sajian yang menggunakan bahan dasar ikan satu ini. Hal ini karena ikan tongkol mudah ditemui dan memiliki harga yang cukup terjangkau. Tak ayal, ikan tongkol menjadi pilihan lauk yang sehat dan juga nikmat.

Ikan tongkol merupakan salah satu jenis ikan tuna. Ikan yang memiliki nama latin, Euthynnus affinis ini banyak ditemukan di sepanjang pantai Afrika Timur, Jazirah Arab, anak benua India hingga Semenajung Malaysia, Samudera Hindia, Teluk Thailand serta Filipina.

Ikan tongkol sendiri memiliki kandungan seperti protein, lemak, selenium, kalium, zat besi, kalsium, zinc serta vitamin A, vitamin B, omega-3, natrium, hingga fosfor. Nah, selain mengandung berbagai vitamin Ikan tongkol juga memiliki banyak manfaat. Yuk, simak ulasannya berikut ini. 

Bantu Jaga Kesehatan Jantung

Ilustrasi Kesehatan Jantung. (Special)

Manfaat pertama yang didapat dari mengkonsumsi ikan tongkol secara rutin yaitu bantu jaga kesehatan jantung. Ikan tongkol diketahui memiliki kandungan protein dan omega-3 yang termasuk dalam DHA dan EPA. Kandungan ini memberikan pengaruh baik dalam mencegah peningkatan kolesterol serta membantu menjaga tekanan darah supaya stabil.

Ikan tongkol juga memiliki khasiat seperti suplemen ikan yang juga dapat mengurangi risiko penyakit kardiovaskular. Sehingga, mengkonsumsi ikan tongkol secara rutin dapat menjaga fungsi dan kesehatan jantung dengan baik.  

Tingkatkan Fungsi Otak

Ilustrasi Fungsi Otak. (Special)

Melansir U.S National Institutes of Health, mengungkapkan bahwa ikan tongkol dapat membantu meningkatkan fungsi otak khususnya bagi anak-anak. Bahkan, ikan tongkol sangat disarankan sebagai sajian pada menu makan anak. Kandungan nutrisi seperti omega-3 dan niacin yang sangat dibutuhkan oleh otak terdapat dalam ikan tongkol.

Tak hanya bagi anak-anak saja, untuk orang dewasa juga ada manfaatnya. Niacin yang terkandung dalam ikan tongkol dapat menurunkan risiko terjadinya penyakit Alzheimer serta demensia yang sejalan dengan bertambahnya usia. 

Bantu Turunkan Berat Badan

Ilustrasi diet. (Special)

Kalori yang berlebih dalam setiap asupan tentu akan memberi pengaruh pada berat badan. Namun, hal tersebut tidak akan kamu dapatkan ketika mengonsumsi ikan tongkol. Sebab, setiap 150 gram porsi ikan tongkol hanya memiliki kandungan 179 kalori. Selain itu, kandungan protein yang tinggi pada ikan tongkol dapat membantu menurunkan kadar ghrelin.

Melansir Obesity Action Coalition, ghrelin merupakan hormon yang bertanggung jawab pada rangsangan rasa lapar. Jika kamu berhasil menurunkan kadar ghrelin, maka kamu dapat mengurangi tingkat nafsu makan dan mencegah keinginan makan yang berlebihan. Sehingga, hal inilah yang secara efektif menurunkan dan menjaga berat badan.

Dukung Kesehatan Ibu Hamil

Ilustrasi ibu hamil. (Special)

Kandungan folat, B12 dan zat besi dalam ikan tongkol memberi manfaat baik bagi ibu hamil. Folat sendiri merupakan zat yang penting dalam mendukung tumbuh kembang bayi dalam kandungan sang Ibu. Namun, terkadang ibu hamil mengalami anemia yang disebabkan oleh salah satu mikronutrien.

Beberapa gejala anemia yang dialami seperti kelemahan otot, kelelahan ekstrim, gangguan penglihatan, hingga komplikasi yang mungkin terjadi dan lebih serius.

Mengonsumsi ikan tongkol dapat membantu mencegah anemia yang terjadi karena kekurangan nutrisi. Tak hanya cegah anemia, serta dukung pertumbuhan bayi dalam kandungan. Ikan tongkol juga memperkuat sistem kekebalan tubuh bagi ibu hamil. Sehingga, bayi dan sang Ibu tetap sehat hingga persalinan tiba. 

Cocok jadi MPASI Pilihan

Ilustrasi anak belajar makan. (special)

Bagi kamu yang tengah memiliki bayi yang tengah diperkenalkan makanan padat, ikan tongkol dapat menjadi salah satu pilihan sumber MPASI. Sebab, selain mudah ditemukan, ikan tongkol juga memiliki kandungan gizi yang sayang untuk disepelekan. Kandungan dalam ikan tongkol antara lain seperti zat besi, protein, kalsium, vitamin C serta vitamin A.

Bahkan, ikan tongkol juga mengandung omega-3 yang sama seperti ikan salmon. Kandungan inilah yang sangat baik untuk perkembangan otak bayi.