7 Manfaat Mangga bagi Kebutuhan Ibu Hamil

Kamis, 3 November 2022 | 00:01:00

Penny Fatikasari

Penulis : Penny Fatikasari

7 Manfaat Mangga Bagi Kebutuhan Ibu Hamil

Mangga (Special)

Ladiestory.id - Mengonsumsi buah-buahan akan memberikan ragam manfaat baik bagi kesehatan ibu dan janin. Salah satu buah yang memiliki kaya manfaat ialah manga. Selain memiliki rasa yang manis dan juga terkadang asam, buah manga tentunya juga masuk ke dalam panganan favorit yang baik dikonsumsi saat kehamilan.

Tak hanya nikmat dimakan secara langsung, buah manga juga dapat diolah sebagai jus, smoothies, hingga pudding. Berikut 7 manfaat buah mangga yang sangat dibutuhkan bagi ibu hamil dan juga janin.

Penuhi Kebutuhan Nutrisi

Ilustrasi Ibu Hamil. (Special)

Mengonsumsi buah mangga dapat memberikan suplemen kesehatan alami yang dibutuhkan oleh ibu hamil di masa kehamilan. Buah mangga dikenal mengandung vitamin A, vitamin C, dan B6 serta kaya akan asam folat, kalium, serta zat besi yang dibutuhkan oleh tubuh. Hal ini pun tentunya dapat memenuhi kebutuhan nutrisi bagi ibu hamil dan juga janin dalam kandungan.

Kaya Antioksidan

Ilustrasi ibu hamil. (Special)

Buah mangga mengandung antioksidan yang baik bagi tubuh. Selain itu, kandungan vitamin C pada buah mangga juga mampu menangkal radikal bebas serta dapat menangkal virus dan penyakit yang masuk ke dalam tubuh ibu hamil.

Cegah Bayi Lahir Prematur

Ilustrasi ibu hamil bicara dengan janis dalam perut. (Special)

Kandungan vitamin C dalam buah mangga dapat mencegah bayi lahir prematur. Tak hanya itu, buah mangga juga dapat membantu meningkatkan energi pada tubuh saat masa kehamilan. Alangkah lebih baik jika bumil dapat mengonsumsi mangga satu buah per hari.

Selain itu, kandungan asam folat pada buah mangga juga dapat membantu meningkatkan pertumbuhan otak janin serta sumsum tulang belakang. Mengonsumsi buah mangga juga dapat mencegah terjadinya cacat tabung saraf yang dapat terjadi diawal kehamilan.

Atasi Anemia

Ilustrasi ibu hamil. (Special)

Salah satu gejala yang kerap dialami oleh ibu hamil adalah kelelahan bahkan munculnya anemia. Gejala anemia juga kerap dialami oleh ibu hamil di trimester awal kehamilan. Mengonsumsi mangga dapat menutrisi kebutuhan ibu hamil serta memberikan vitamin yang dapat berkhasiat untuk membantu mencegah terjadinya anemia.

Cegah Preeklamsia

Ilustrasi ibu hamil. (Special)

Manfaat mengonsumsi buah mangga selanjutnya ialah dapat mencegah terjadinya preeklamsia. Kandungan magnesium dalam buah mangga bisa menjadi obat alami untuk mencegah preeklamsia. Selain itu, kandungan vitamin E dalam buah mangga ini juga dapat membantu mengembangkan otot janin.

Cegah Gejala Mual

Ilustrasi mual. (Special)

Selama kehamilan, salah satu hal yang paling sering dialami oleh ibu hamil ialah mual dan muntah. Mengonsumsi buah mangga juga dapat membantu mengurangi gejala morning sickness. Selain itu, kandungan vitamin B6 pada buah mangga juga dapat menyegarkan tubuh ibu hamil.

Tak hanya itu, kandungan serat dalam buah mangga membantu mengatasi masalah diare dan sembelit serta melancarkan pencernaan bagi ibu hamil.

Tingkatkan Sel Darah Merah

Ilustrasi sirkulasi darah lancar. (Special)

Kandungan vitamin C dalam buah mangga dapat menyerap zat besi, sehingga sangat penting bagi masa kehamilan. Selain itu, manfaat mangga meningkatkan sel darah merah serta membantu perkembangan sirkulasi darah menjadi lebih optimal.

Itulah ke 7 manfaat baik yang dihasilkan dari buah mangga dan memberikan manfaat menyehatkan bagi ibu hamil dan juga janin dalam kandungan.