Sambut Kemerdekaan, Wanita Wajib Perjuangkan Hal Ini

Jumat, 5 Agustus 2022 | 18:30:00

Penny Fatikasari

Penulis : Penny Fatikasari

Sambut Kemerdekaan, Wanita Wajib Perjuangkan Hal Ini

Ilustrasi Sambut Kemerdekaan (pinterest)

Ladiestory.id - Meski pada dasarnya wanita memiliki sifat dan kepribadian yang lembut, di balik itu semua, wanita pun memiliki sifat tangguh, cerdas dan mandiri. Jika pada zaman dahulu wanita selalu dikekang untuk tidak melebihi kepiawaian para pria, kini wanita sudah tidak kalah saing dengan pria. Sosok pejuang emansipasi wanita yang berhasil mendobrak stigma dan diskriminasi mengenai gender pada kaum wanita adalah RA Kartini.

Di era yang semakin maju ini, khususnya setiap memperingati Hari Kemerdekaan Bangsa Indonesia, kerap kali kita melihat tak semua wanita mendapatkan hak dan kedudukan yang sama. Masih banyak wanita yang putus sekolah, kehilangan pekerjaan, mendapat perlakuan kasar, pelecehan seksual bahkan mendapatkan bullying hingga diskriminasi oleh pria dan bahkan sesama kaumnya.

Dalam menyambut euforia kemerdekaan ini, maka wanita juga wajib memperjuangkan hal-hal berikut ini.

Memperjuangkan Cita-cita

Memperjuangkan Cita-cita (pinterest)

 

Layaknya para pahlawan yang berjuang sekuat tenaga untuk menumpaskan para penjajah, serta memperjuangkan bangsa Indonesia menuju kemerdekaan, kamu pun harus bisa melanjutkan perjuangan para pahlawan untuk dirimu sendiri. Ya, di era yang serba maju saat ini, kamu pun harus berani bersaing dengan bangsa asing untuk mewujudkan apa yang kamu cita-citakan.

Saat ini pun banyak anak negeri yang berhasil menorehkan prestasi ke kancah internasional sesuai bidang yang mereka tekuni, misalnya Stepahnie Poetri, Agnez Mo, Niki Zevanya serta Dita Karang yang berhasil mendobrak panggung internasional dalam bidang musik.

Maudy Ayunda, Tasya Kamila, Cinta Laura, Gita Gutawa, dan Gita Savitri yang mampu menorehkan prestasi membanggakan untuk melanjutkan pendidikan impian di kampus kenamaan luar negeri serta meraih beasiswa. Kemudian ada Kevin Liliana dan Ariska Putri Pertiwi yang mampu keluar sebagai pemenang utama dalam ajang kontes kecantikan terbesar dunia dan masih banyak lainnya.

Mungkin beberapa nama di atas tentunya ada yang bisa menjadi sosok panutanmu. Jika mereka bisa mewujudkan cita-citanya, maka kamu sendiri pun bisa mewujudkannya. Jika kamu berani gagal, berani bermimpi dan terus mencoba, maka kesuksesan pun akan kamu raih. Tak hanya itu, kamu pun bisa menjadi inspirasi bagi lingkunganmu juga bukan?

Memiliki Rencana Masa Depan yang Matang

Memiliki Rencana Masa Depan (pinterest)

 

Sebagai seorang wanita mandiri dan tangguh, sebaiknya kamu juga memiliki rencana masa depan yang matang. Sehingga setiap langkah serta keputusan yang hendak kamu ambil dapat selaras dengan apa yang kamu perjuangkan. Fokus dan yakin akan rencana serta tujuanmu ke depan. Dengan begitu, kamu pun akan bersikap terbuka dan logis untuk mewujudkannya.

Menjaga Toleransi dan Menghargai Perbedaan

Menjaga Toleransi (pinterest)

 

Saat ini banyak generasi muda yang merasa insecure atau putus asa hanya karena mendapat kritikan dari sahabat-sahabatnya. Tak hanya itu, fenomena bullying pun masih banyak menghantui generasi muda saat ini. Banyak dari generasi milenial kurang menghargai Bhineka Tunggal Ika serta memandangnya sebelah mata. Bukankah menjaga toleransi dan menghargai perbedaan itu indah? Jika kamu mem-bully sahabat-sahabatmu hanya karena mereka berbeda suku, budaya, maupun bahasa, hal itu sama saja mengejek bangsamu.

Anti Curang dan Anti Korupsi

Anti Curang dan Korupsi (pinterest)

 

Ladies, sadarkah kamu jika korupsi yang merajalela di negeri ini diakibatkan oleh ketidakjujuran dan ketamakan akan kuasa dan kedudukan? Korupsi seolah membuat mata seseorang menjadi buta dan takut akan dosa-dosa serta akibat yang mereka perbuat. Sifat curang seperti ini hendaknya segera di tinggalkan, karena akan merugikan diri sendiri bahkan orang lain. Biasanya sifat curang dan korupsi pun tanpa disadari pernah kita lakukan. Seperti menjiplak karya orang lain, menyalahgunakan kedudukan, mengabaikan waktu kerja dan lain sebagainya. Oleh karena itu, hindari sifat curang dan korupsi ini agar kamu bisa menjadi pribadi yang jujur, bersih serta berpikir positif.

Berani Bersuara

Berani Bersuara (pinterest)

 

Ditengah maraknya isu kekerasan dan pelecehan seksual yang terjadi pada wanita, seolah membuat pelaku merajalela untuk berbuat atas tindakan yang keji. Sedangkan wanita yang menjadi korban merasa terpukul, bahkan takut untuk melaporkan tindak asusila yang diterimanya. Berani bangkit dan bersuara karena kamu didengar. Sebagai wanita, kita juga harus berani mengungkapkan tindak kekerasan yang terjadi karena telah merugikan fisik dan mental wanita. Jangan mau menjadi wanita yang dianggap lemah karena kamu pun berhak mendapat hak dan perlakuan serta perlindungan hukum di negara.

s