7 Makanan Bantu Atasi Gejala Insomnia

Selasa, 30 Agustus 2022 | 00:01:00

Penny Fatikasari

Penulis : Penny Fatikasari

7 Makanan Bantu Atasi Gejala Insomnia

Ilustrasi Insomnia (Pinterest)

Ladiestory.id - Menurut National Sleep Foundation, insomnia merupakan kondisi atau gejala dimana seseorang sulit untuk tertidur, tetap tertidur maupun bangun terlalu awal dari seharusnya. Sehingga hal ini membuat seseorang memaksakan harus tidur dengan normal.

Insomnia juga merupakan kondisi dimana seseorang mengalami suatu gejala susah tidur bahkan mengalami kebiasaan sulit tidur yang buruk. Insomnia juga bisa terjadi akibat otak menyampaikan sinyal untuk terjaga namun bukan membuat seseorang tertidur. Selain minuman, ternyata 7 makanan ini juga bisa membantu mengatasi gejala insomnia, loh? Berikut diantaranya yang telah terangkum.

Kacang-kacangan

Kacang-kacangan (Special)

Mengonsumsi kacang-kacangan seperti almond, kacang tanah, ataupun walnut juga dapat meredakan gejala insomnia. Kacang-kacangan merupakan salah satu sumber terbaik dari trypthopan yakni kandungan asam amino yang dapat memproduksi serotonin dan melatonin atau hormon tidur bekerja dengan baik. Mengonsumsi kacang-kacangan sebelum tidur pun juga bisa membantu mengatasi masalah insomnia, loh!

Buah-buahan

Buah-buahan (Special)

Selain menyehatkan ternyata buah juga dapat membantu seseorang untuk mengatasi gejala insomnia, buah-buahan tersebut diantaranya pisang, kiwi, alpukat dan chery. Pisang memiliki kandungan magnesium dan kalium yang dapat membantu mengatasi seseorang sulit tidur. Selain itu, kandungan triptofan pada buah pisang dapat membuat otot menjadi lebih rileks, serta memicu zat serotonin di otak dan membuat suasana hati menjadi jauh lebih baik.

Buah alpukat juga memiliki kandungan vitamin B yang dapat membantu mengatasi masalah insomnia, dengan mengonsumsi buah alpukat pada siang dan malam hari juga dapat membantu meningkatkan kualita tidurmu. Khusus buah chery, kandungan melatonin nya dapat merangsang seseorang untuk tertidur pulas. Kamu pun bisa mencoba mengonsumsi buah chery sebagai teman camilanmu sebelum tidur agar kamu merasa mengantuk dan kemudian tertidur pulas.

Kale dan Sayuran Hijau

Syuran Hijau (Pinterest)

Kale seperti brokoli, sawi, bayam, kangkung, hingga kembang kol mengandung kalsium dan magnesium yang baik bagi tubuh. Kandungan dalam sayuran ini dapat meningkatkan melantonin dan membuat REM Cycle menjadi lebih baik dan dapat membantu seseorang mengatasi gejala insomnia.

Salmon dan Tuna

Salmon dan Tuna (Pinterest)

Makanan sehat selanjutnya yang juga dapat bantu atasi gejala insomnia adalah ikan salmon dan tuna. Yup, kandungan vitamin D dan asam lemak omega 3 pada ikan tersebut juga dapat membantu memproduksi elemen serotonin didalam otak, dan menstimulus sesorang untuk cepat tidur dengan nyenyak. Selain menyehatkan juga bisa membantu mengatasi gejala susah tidur yang meresahkan.

Daging Kalkun

Daging Kalkun (Pinterest)

Kandungan protein yang tinggi pada daging kalkun juga dapat bantu atasi gejala insomnia, selain itu daging kalkun juga mengandung riboflavin, phosphorus dan selenium yang baik bagi tubuh.

Oatmeal

Oatmeal (Pinterest)

Seseorang yang kekurangan magnesium juga rentan alami gejala insomnia. Maka dari itu untuk mengatasinya kamu pun bisa mengonsumsi oatmeal yang memiliki kandungan magnesium, kalium dan juga kalsium yang baik bagi tubuh. Dengan mengonsumsi oatmeal sebelum tidur juga dapat membantu mengatasi seseorang sulit tidur dan membuat tidur lebih nyenyak dan pulas.

Labu

Labu (Pinterest)

Tak hanya nikmat dikonsumsi sebagai sayuran dan kolak, labu juga dapat membantu mengatasi seseorang mengalami gejala insomnia. Hal ini dikarenakan buah labu mengandung magnesium, kalsium, omega 3 dan kromium yang dapat membantu mengatasi masalah tidurmu menjadi lebih baik. Kamu juga bisa mengolah sajian labu seperti dibuat jus atau dikonsumsi secara langsung.

Itulah 7 makanan yang dapat membantu mengatasi gejala insomnia. Semoga bermanfaat.