Ketahui 6 Manfaat Chia Seed bagi Kesehatan

Selasa, 5 Oktober 2021 | 13:06:00

Maria Nanda

Penulis : Maria Nanda

Ketahui 6 Manfaat Chia Seed bagi Kesehatan

Foto: Ladiestory.id

Ladiestory.id - Chia seed adalah jenis biji-bijian yang berasal dari tanaman Salvia hispanica L. dan banyak dijumpai di kawasan Meksiko serta Amerika Selatan. Seiring dengan kepopulerannya, chia seed pun kini dikenal hingga ke penjuru dunia, termasuk di Indonesia.

Bentuknya dari chia seed ini adalah oval dengan ukuran sekitar 1-2 milimeter. Di Indonesia, chia seed bisa didapatkan di supermarket maupun toko-toko khusus yang menjual bahan makanan sehat.

Chia seed mengandung beragam nutrisi, seperti karbohidrat, protein, serat, serta  omega-3 dan omega-6. Selain itu, biji-bijian ini juga mengandung sejumlah vitamin dan mineral, seperti vitamin A, vitamin B, kalsium, fosfor, selenium, kalium, zat besi, dan magnesium. Chia seed juga mengandung sejumlah antioksidan, seperti asam klorogenik, caffeic acid, quercetin, dan kaempferol.

Manfaat Chia Seed bagi Kesehatan

Biasanya, chia seed dikonsumsi dengan cara dicampur dengan makanan atau minuman lain, seperti sup, salad, bubur oat, jus, smoothies, ataupun yoghurt. Sebenarnya, apa saja sih manfaat dari makanan organik yang satu ini?

1. Mencegah Kerusakan Sel

Foto: Ladiestory.id

Manfaat chia seed yang pertama adalah mampu mencegah kerusakan sel. Sebab chia seed merupakan bahan makanan yang kaya akan kandungan antioksidan.

Antioksidan dipercaya dapat melawan produksi radikal bebas dalam tubuh yang dapat menyebabkan stres oksidatif. Bila terjadi terus menerus, stres oksidatif dapat menyebabkan kerusakan molekul sel dan mempercepat penuaan.

Tak hanya itu, stres oksidatif juga memicu terjadinya kanker. Oleh sebab itu, kandungan antioksidan dalam chia seed memiliki manfaat untuk mencegah kerusakan sel, sehingga kamu juga bisa mencegah proses penuaan terlalu cepat dan risiko kanker.

2. Sumber Serat

Manfaat chia seed selanjutnya adalah menjadi sumber seray yang sangat baik. Menurut World Health Organization, seseorang harus mengonsumsi setidaknya 25 gram serat per hari. Kebanyakan orang masih belum memenuhi kebutuhan serat mereka.

Cara termudah untuk meningkatkan asupan serat adalah makan lebih banyak makanan nabati seperti buah-buahan, sayuran, kacang-kacangan, dan biji-bijian terutama biji-bijian yang tidak diproses.

Hanya satu ons chia seed yaitu sekitar dua sendok makan, dapat menyediakan 10 gram serat, hampir setengah dari rekomendasi harian seseorang. Jadi apabila Anda kekurangan serat, mengonsumsi chia seed dapat menjadi solusinya.

3. Menjaga Kesehatan Tulang

Foto: Ladiestory.id

Kandungan protein dan beragam mineral di dalam chia seed, seperti kalsium, mangan, magnesium, dan fosfor baik untuk memelihara kesehatan tulang dan mencegah osteoporosis. Selain itu, chia seed juga bisa menjadi sumber kalsium yang baik bagi kamu yang menjalani pola makan vegetarian.

4. Mengobati Divertikulosis

Divertikulosis adalah timbulnya kantung bernama divertikula dalam usus besar (kolon). Diet tinggi serat telah terbukti menurunkan kemungkinan terkena divertikulitis.

Ini karena serat bisa menyerap air di usus besar dan membuat buang air besar lebih mudah. Penyebab pasti penyakit divertikular tidak diketahui, tetapi kondisi ini berulang kali dikaitkan dengan pola makan rendah serat.

5. Membantu Menurunkan Berat Badan

Foto: Ladiestory.id

Kandungan serat dalam chia seed terbilang cukup tinggi untuk melancarkan pencernaan, sehingga manfaat chia seed yakni membuat berat badan cepat turun.

Biji chia akan membantu mengeluarkan sisa makanan supaya tidak terlalu lama tertimbun di dalam tubuh. Sebab, sisa makanan dapat membuat lemak menumpuk dan menambah berat badan.

Sebuah studi di Brasil menemukan biji chia dapat membantu mengurangi lemak. Protein dalam chia seed juga dapat membuat perut terasa kenyang lebih lama dan tidak mudah lapar. Tak heran jika biji yang satu ini kerap dijadikan menu andalan bagi mereka yang menerapkan program diet untuk menurunkan berat badan.

6. Mengatur Kadar Gula Darah

Kadar gula darah tinggi secara konsisten dikaitkan dengan peningkatan risiko beberapa penyakit kronis, termasuk penyakit jantung. Lonjakan sementara dalam kadar gula darah setelah makan mungkin juga memiliki efek kesehatan yang sama buruknya. Manfaat chia seed dapat mengontrol kadar gula darah.

Sebuah studi yang diterbitkan di National Library of Medicine mengungkapkan bahwa manfaat chia seed yang dapat meningkatkan sensitivitas insulin dan kontrol gula darah, juga menstabilkan kadar gula darah setelah makan pada hewan.

Ada juga penelitian pada manusia dengan menunjukkan bahwa makan roti yang mengandung chia seed menurunkan kenaikan gula darah pasca makan dibandingkan dengan roti yang tidak memakai chia seed.

Inilah 6 manfaat chia seed bagi kesehatan. Yuk coba makanan organik yang satu ini!