6 Cara Hilangkan Sensasi Pedas Akibat Cabai

Rabu, 10 Agustus 2022 | 20:15:00

Gendis Ayu

Penulis : Gendis Ayu

6 Cara Hilangkan Sensasi Pedas Akibat Cabai

Ilustrasi Pedas Akibat Cabai (Special)

Ladiestory.id - Meski bagi orang menyiksa, namun rasa pedas memiliki tempat di hati para penggemar. Bahkan bagi orang Indonesia, masakan tanpa rasa pedas serasa tidak lengkap. Rasa pedas ini pun didapat dari berbagai macam, mulai dari bubuk hingga cabai asli. Masakan pedas pun diolah dengan berbagai macam cara.

Nah salah satu caranya dengan memasukan cabai ke dalam masakan. Tentunya sebelum itu, cabai dipotong-potong atau pun dihaluskan. Saat inilah muncul permasalahan lantaran tangan akan merasa panas. Sensasi ini timbul lantaran ada senyawa Capsaicin yang mengikat.

Bahkan sensasi panas ini tak hanya ditimbulkan saat seseorang memasak. Namun orang yang makan makanan pedas menggunakan tangan secara langsung pun bisa merasakan sensasi panas. Meski pun bukan permasalahan serius, namun hal ini sangatlah menganggu dan tidak nyaman. Apalagi jika sensasi tersebut tidak kunjung hilang.

Lantas apakah sensasi panas tersebut bisa dihilangkan? Jawabannya adalah bisa, dilakukan dengan beberapa cara di bawah ini.

Minyak

Ilustrasi Minyak (Special)

Cara pertama yang bisa dilakukan untuk menghilangkan rasa panas di tangan lantaran cabai menggunakan minyak. Kamu bisa menggunakan minyak sayur maupun minyak zaitun yang digosokan secara berulang kali.

Namun bukan berarti menggosokkan banyak minyak membuat rasa panas cepat hilang. Tetap tuangkan minyak secukupnya di tangan. Pasalnya terlalu banyak minyak di tangan justru akan menyusahkan diri sendiri. Hal ini mengakibatkan Kamu akan kesulitan memegang alat dapur lantaran licin.

Sabun Cuci Piring

Ilustrasi Sabun Cuci Piring (Special)

Pada dasarnnya sabun cuci piring memiliki bahan dasar yang bisa digunakan untuk menghilangkan lemak dan minyak. Sehingga sabun cuci piring dianggap lebih mudah menghilangkan rasa panas dibanding sabun cuci tangan biasa. Selain sabun cuci piring, Kamu bisa menggunakan pembersih tangan penghilang lemak yang dibuat untuk mekanik.

Susu

Ilustrasi Susu (Special)

Selanjutnya, Kamu bisa merendam tangan yang panas di susu. Konsep tersebut sama halnya saat susu dijadikan penawar kepedasan seusai mengonsumsi makanan pedas.

IOP Publishing menuliskan lemak di dalam susu mampu memecah minyak lada. Bahkan lemak di susu ini dapat meredakan sensasi panas untuk sementara waktu.

Hal ini disebabkan kandungan protein kasein di dalam susu mampu mengikat senyawa capsaicin yang menyebabkan sensasi pedas. Kamu bisa menggunakan susu dingin untuk merendam tangan dalam beberapa waktu. Tak perlu ragu, pasalnya tindakan ini tidak akan mengakibatkan kulit menjadi rusak.

Alkohol

Alkohol (Special)

Cara selanjutnya untuk menghilangkan sensasi panas akibat cabai adalah menggunakan alkohol. Hal ini disebabkan alkohol mampu mengikat senyawa capsaicin yang menyebabkan sensasi panas.

Kondisi ini disebabkan minyak cabai akan mudah larut jika terkena alkohol. Cukup teteskan alkohol ke tangan dan gosokan hingga merata.

Nantinya akan timbul sensasi dingin yang membuat rasa panas di tangan mereda. Kandungan alkohol yang paling mudah ditemukan dan kerap dibawa adalah hand sanitaizer.

Gel Lidah Buaya

Lidah Buaya (Special)

 
Diketahui gel lidah buaya memang memiliki sensasi cooling atau mendinginkan. Gel lidah buaya bisa dijadikan obat alami saat kulit terbakar karena sinar matahari. Hal tersebut pun bisa diaplikasikan saat tangan terasa panas lantaran cabai. Kamu hanya perlu mengoleskan gel lidah buaya ke tangan.

Nantinya gel lidah buaya akan membantu meningkatkan sirkulasi darah. Namun hal tersebut tidak direkomendasi bagi orang yang memiliki alergi.

Es Krim

Es Krim (Special)

Cara keenam memang serasa sayang dilakukan. Pasalnya es krim termasuk salah satu dessert yang enak dimakan waktu panas. Namun es krim bisa menjadi alternatif saat tanganmu terasa panas lantaran cabaik. Terlebih biasanya es krim mengandung susu yang memang mampu mengatasi permasalahan ini.

Selain itu, rasa dingin pada es krim mampu membuat tangan terasa nyaman. Bahan kimia yang ada di es krim pun dapat mengikat capsaicin dengan cara melepaskan dari pusat reseptor di kulit.

s