Perayaan Imlek Identik dengan Barongsai, Ini 5 Fakta Menariknya

Minggu, 22 Januari 2023 | 18:59:00

Penny Fatikasari

Penulis : Penny Fatikasari

Perayaan Imlek Identik Dengan Barongsai, Ini 5 Fakta Menariknya

Ilustrasi barongsai. (Special)

Ladiestory.id - Saat perayaan Imlek, satu hal yang tak kalah menarik dan selalu hadir dalam momen tahun baru Cina ini adalah atraksi dari barongsai. Yup, atraksi tarian dari singa dan naga ini selalu membuat gempar suasana diiringi dengan instrumen musik yang khas dan penuh semangat.

Dalam budaya Tionghoa, singa melambangkan kekuatan, ketangguhan dan kebijaksanaan. Dengan melakukan atraksi dan tarian khusus ini diharapkan dapat mendatangkan keuntungan dan kemakmuran.

Nah, ini dia lima fakta menarik perayaan imlek yang identik dengan barongsai.

Simbol Keberuntungan dan Rezeki

Ilustrasi Angpao. (Special)

Dengan melakukan atraksi dan tarian atau lion dance, diharapkan dapat memberikan keberuntungan, mendatangkan rezeki serta kemakmuran khususnya di tahun yang baru ini. Inilah kenapa barongsai selalu ada dan identik dengan perayaan Imlek. Selain memiliki atraksi yang menakjubkan dan tarian yang khas, kehadiran barongsai juga menambah semarak kemeriahan perayaan tahun baru Imlek serta dapat memberikan kebahagiaan bagi banyak orang yang menyaksikannya.

Mengusir Roh Jahat

Ilustrasi barongsai. (Special)

 

Barongsai merupakan simbol suci bagii masyarakat Tionghoa, barongsai juga merupakan makhluk mitologi Cina yang dipercaya memiliki kekuatan magis dan dapat menghindarkan kesialan.Tak hanya mendatangkan keberuntungan dan kemakmuran, barongsai juga selalu menghadirkan instrumen atau suara musik yang khas serta sangat menggelegar. Musik yang dihasilkan ini memiliki makna khusus yakni dapat mengusir roh jahat atau energi negatif.

 Maka tak heran, jika kamu akan menemukan iring-iringan barongsai saat perayaan Imlek mendatangi rumah yang satu dan rumah yang lainnya, pertokoan hingga kantor-kantor yang bertujuan untuk mengusir roh jahat dan energi negatif tersebut. Selain itu, tarian dan musik yang dihasilkan dari barongsai ini diharapkan juga dapat memberikan kemakmuran, keberuntungan, kesuksesan serta dapat membersihkan tempat-tempat yang didatangi tersebut untuk menggantinya menjadi energi yang lebih positif.

Miliki Simbol Khusus

Ilustrasi barongsai. (Special)

 

Yup, seperti yang telah dijelaskan sebelumnya. Secara kasat mata, barongsai menyerupai singa dan naga. Namun, sebenarnya barongsai memiliki beberapa unsur hewan didalamnya, diantaranya bentuk tanduk pada kepala barongsai ini merupakan jambul burung yang dapat disimbolkan sebagai kehidupan.

Sedangkan telinga barongsai ini dikaitkan pula dengan makhluk mistis dari budaya Tiongkok yang dapat disimbolkan sebagai keberuntungan atau kebijaksanaan, tulang belakang dari barongsai ini juga dapat dikategorikan sebagai ular yang dapat memberikan simbol pesona dan kekayaan, punuk di belakang kepala barongsai menggambarkan bentuk tempurung kura-kura atau diartikan sebagai umur panjang, sedangkan jenggot pada barongsai ini disimbolkan sebagai naga yang melambangkan kepemimpinan dan kekuatan.

Simbol Persatuan dan Kerjasama

Ilustrasi barongsai. (Special)

 

Adanya atraksi dan tarian yang dinamis ini menunjukan bahwa barongsai memiliki simbol persatuan dan kerja sama, karena saat melakukan atraksi diperlukan dua orang penari dibalik kostum barongsai untuk bekerja sama dengan baik memberikan pertunjukan menarik dan spektakuler.

Selain itu, barongsai juga memiliki makna sebagai bentuk kesenian tradisional masyarakat Tionghoa yang sangat dihormati. Atraksi dan tarian ini pun memerlukan konsentrasi dan kerja keras serta keterampilan yang baik untuk menghasilkan gerakan-gerakan lincah yang sempurna.

Memberikan Harapan dan Doa Baik

Ilustrasi berpose dengan barongsai. (Special)

Barongsai juga bukan hanya sebuah tradisi dan sekedar hiburan saat perayaan Imlek, kehadirannya dapat memberikan harapan dan doa baik khususnya bagi setiap orang dalam menghadapi tahun yang baru.

Nah, Ladies itulah ke lima fakta menarik dari hadirnya barongsai saat perayaan Imlek. Tak hanya menghadirkan hiburan maupun tradisi namun juga terdapat filosofi menarik di dalamnya.