Berani Kenali,Sadari dan Mencari Bantuan, Saat Mental Health Tidak Baik-baik Saja

Minggu, 10 September 2023 | 12:29:00

KD Mumpuni

Penulis : KD Mumpuni

Berani Kenali,Sadari Dan Mencari Bantuan, Saat Mental Health Tidak Baik-Baik Saja

Ilustrasi Mental Health. (Canva)

Ladiestory.id -  Tanggal 10 Oktober diperingati sebagai Hari Kesehatan Mental Sedunia (Mental Health). Harus kita sadari kesehatan mental merupakan suatu hal yang penting untuk diketahui.  Kesehatan mental merujuk pada kondisi emosional, psikologis, dan sosial seseorang. Ini melibatkan bagaimana seseorang berpikir, merasa, dan berperilaku.

Kesehatan mental yang baik tidak hanya berarti bebas dari gangguan mental, tetapi juga mencakup kesejahteraan secara keseluruhan, kemampuan untuk mengatasi tantangan dalam hidup, menjaga hubungan yang sehat, dan berkontribusi secara positif dalam masyarakat.

Menurut (World Federation for Mental Health) menjelaskan pengertian dari kesehatan mental sebagai kondisi yang memungkinkan adanya perkembangan yang baik secara fisik, intelektual dan emosional, sepanjang hal itu sesuai dengan keadaan orang lain.

Kesehatan mental yang baik melibatkan beberapa aspek:

Ilustrasi Perhimpunan Dokter Spesialis Kedokteran Jiwa Indonesia. (PDSKJI)

 

1. Keseimbangan Emosional

Ilustrasi Emosional. (Canva)

 

Keseimbangan emosional merujuk pada kemampuan seseorang untuk mengenali, memahami, mengelola, dan mengatasi emosi dengan cara yang sehat dan konstruktif. Ini melibatkan kemampuan untuk merasa emosi dengan tepat pada situasi yang tepat, tanpa terjebak dalam ekstrem atau mengabaikan perasaan.

2. Kemampuan Mengatasi Tantangan

Ilustrasi Tantangan. (Canva)

 

Kesehatan mental yang baik membantu seseorang mengatasi tekanan, perubahan, dan tantangan dalam hidup tanpa terlalu banyak merasa terbebani.

3. Hubungan Sosial yang Sehat

Ilustrasi Interaksi Sosial. (Canva)

 

Interaksi yang positif dengan orang lain dapat mendukung kesehatan mental. Hubungan yang kuat dan dukungan sosial dapat membantu mengurangi risiko isolasi dan kesepian.

4. Kemampuan Mengatasi Kegagalan

Ilustrasi kegagalan. (Canva)

 

Kesehatan mental yang baik membantu seseorang untuk bangkit kembali setelah kegagalan dan menjadikannya sebagai pelajaran yang berharga.

5. Atur Stres

Ilustrasi Stress. (Canva)

 

Pelajari teknik relaksasi seperti meditasi, yoga, atau pernapasan dalam. Mengelola stres dapat membantu mengurangi perasaan cemas dan tekanan emosional.

Terkadang emosi negatif seperti kecemasan, frustrasi, atau marah dapat memperburuk situasi. Belajar mengelola emosi kamu dengan teknik seperti meditasi, pernapasan dalam, atau olahraga. tantangan dapat menjadi lebih sulit jika kamu merasa lelah, lemah, atau stres. Pastikan kamu menjaga pola makan yang sehat, cukup istirahat, dan luangkan waktu untuk melakukan kegiatan yang kamu nikmati.

Kesehatan mental atau mental health sering dianggap sepele, banyak orang orang yang menganggap bahwa kesehatan mental itu hal yang biasa dan tidak berpengaruh terhadap kehidupan sehari hari, bahkan ada yang menganggap bahwa orang yang memiliki gangguan kesehatan mental adalah orang yang tidak waras. Namun, sebenarnya kesehatan mental itu menjadi hal yang cukup penting loh Sobad, karena sebenarnya kesehatan mental akan mempengaruhi kehidupan kita sehari hari, seperti bisa mewujudkan potensi kita yang sesungguhnya, lebih produktif, dan lebih bersemangat.

Riset Kesehatan Dasar (Riskesdas) 2018, menunjukkan lebih dari 19 juta penduduk berusia lebih dari 15 tahun mengalami gangguan mental emosional, dan lebih dari 12 juta penduduk berusia lebih dari 15 tahun mengalami depresi (Rokom, 2021). Data tersebut menunjukkan bahwa negara Indonesia belum dapat menyelesaikan masalah kesehatan mental secara tepat serta adanya pandemi justru meningkatkan penderita gangguan jiwa, yang jika dibiarkan akan berdampak negatif.

Pola pikir yang positif, fleksibilitas, dan kemampuan untuk mengatasi pikiran negatif dapat mempengaruhi cara individu merasa dan bertindak. Praktik kognitif seperti mengidentifikasi pola pikir yang tidak sehat dan menggantikannya dengan pikiran yang lebih sehat dapat membantu. Kemampuan individu dalam mengatasi tantangan dan stres dapat memainkan peran penting dalam kesehatan mental. Seseorang yang memiliki kemampuan mengatasi yang baik mungkin lebih mampu menghadapi situasi yang sulit dengan lebih baik.

Ingatlah bahwa kesehatan mental adalah hasil dari interaksi yang kompleks antara berbagai faktor ini. Kamu juga bisa langsung memeriksakan masalah psikologis yang kamu alami di www.pdskji.org