7 Jenis Sansevieria, Tumbuhan Pembawa Keberuntungan!

Minggu, 12 Desember 2021 | 16:45:00

Gendis Ayu

Penulis : Gendis Ayu

7 Jenis Sansevieria, Tumbuhan Pembawa Keberuntungan!

Ilustrasi tanaman hias sansevieria. (Spesial)

Ladiestory.id - Tanaman hias Sansevieria atau yang terkenal dengan nama lidah mertua di Indonesia termasuk jenis tanaman yang mudah tumbuh secara alami. Biasanya, tanaman ini dapat tumbuh dengan baik dalam cahaya rendah dan sedikit air.

Sansevieria banyak terdapat di benua Afrika. Bentuk daun yang khas dan tingkat perawatan yang cukup mudah tentu menjadi daya tarik bagi tanaman ini.

Selain itu, tanaman hias ini juga dipercaya dalam ilmu fengshui sebagai tumbuhan yang membawa keberuntungan sekaligus bisa menyerap racun di udara.

Jenis Sansevieria yang Cantik dan Unik

Tak hanya itu, namun  tanaman lidah mertua juga ampuh menyerap racun dan polusi. Daunnya yang lebar, memang difungsikan untuk menyaring udara dari berbagai zat beracun. Yuk ketahui 7 jenis sansevieria  di bawah.

1. Sansevieria Trifasciata Laurentii

jenis sansevieria
Ilustrasi tanaman hias sansevieria. (Spesial)

Jenis sansevieria  ini adalah salah satu jenis yang paling sering dipelihara banyak orang. Tanaman ini biasa ditanam di halaman bersama dengan bunga kecil dan tanaman pakis. Tanaman ini memiliki bentuk daun yang keras dan memanjang.

Ciri khas jenis lidah mertua ini adalah warna hijau yang dikombinasikan dengan warna kuning di sisi daunnya. Karakter khasnya ini membuat sansevieria trifasciata laurentii dianggap memberikan kesan kuat dan berani pada rumah.

2. Sansevieria Trufasciata

jenis sansevieria
Ilustrasi tanaman hias sansevieria. (Spesial)

Tanaman hias Sansevieria Trufasciata ini mirip dengan sansevieria trifasciata laurentii. Daunya keras dan memanjang, tegak runcing tapi warna hijau pada daunnya ada tutul-tutul atau garis-garis hijau tua.

Selain itu, lidah mertua sansevieria trifasciata juga cocok di taruh di ruangan yang gelap atau teduh.

3. Sansevieria Pinguicula

jenis sansevieria
Ilustrasi tanaman hias sansevieria. (Spesial)

Jenis tanaman lidah mertua ini adalah Sansevieria pinguicula. Jenis satu ini memiliki warna hijau kebiruan dengan pinggiran daun berwarna cokelat. Berbeda dari jenis tanaman lidah mertua lainnya, Sansevieria pinguicula memiliki bentuk yang tebal dan cekung di bagian tengahnya. Tanaman ini tumbuh dengan sangat cepat.

Jadi, kamu perlu mengeceknya satu minggu sekali untuk memindahkan tanaman ini ke pot lain agar tidak terlalu bertumpuk.

4. Sansevieria Cylindrica

jenis sansevieria
Ilustrasi tanaman hias sansevieria. (plantcaretoday)

Tanaman hias lidah mertua ini berbeda dengan dua tanaman sebelumnya. Jenis tanaman lidah mertua ini memiliki bentuk seperti tabung dengan ujung yang runcing di bagian atas.

Kombinasi warna hijau tua dan hijau muda membuat tanaman ini terlihat cantik. Lidah mertua sansevieria clyindrica juga terlihat sangat kaku sehingga daunnya akan patah jika ditekukkan.

Jika menanam sansevieria cylindrica, kamu harus lebih bersabar karena pertumbuhannya memerlukan waktu yang cukup lama.

5. Sansevieria Hahnii

jenis sansevieria
Ilustrasi tanaman hias sansevieria. (gardenmanage)

Sansevieria Hahnii atau lidah mertua kerdil merupakan tanaman hias yang bentuknya kecil sesuai namanya. Ukuran paling tingginya hanya sampai 20 sentimeter.

Tanaman hias lidah mertua ini lebarnya tebal dan sedikit bergelombang-gelombang. Tanaman hias ini sudah populer di kalangan kolektor tanaman hias.

6. Sansevieria Stuckyi

jenis sansevieria
Ilustrasi tanaman hias sansevieria. (Ladiestory.id)

Jenis tanaman sansevieria langka berikutnya adalah Sansevieria stuckyi, yang cukup menarik dan tidak biasa dengan daun hijau tua agak membulat. Daunnya tumbuh dalam massa yang sangat tebal.

Tanaman ini akan menghasilkan bunga yang harum dan mekar di malam hari di tangkai setinggi 90 sentimeter. Tanaman dengan tingkat toleransi kekeringan yang tidak biasa ini adalah pilihan tepat untuk di lingkungan yang gersang atau yang sangat kering.

Sansevieria stuckyi merupakan tanaman keras sekulen yang bisa digunakan sebagai tanaman hias indoor. Tanaman ini juga mampu menyerap dan menetralkan polutan udara tinggi baik di dalam maupun luar ruangan.

7. Sansevieria Moonshine

jenis sansevieria
Ilustrasi tanaman hias sansevieria. (Spesial)

Jenis tanaman lidah mertua lainnya yang tak kalah unik adalah Sansevieria moonshine. Jika tanaman lidah mertua lain berwarna hijau gelap, Sansevieria moonshine justru berwarna lebih terang dengan guratan yang agak pudar. Daunnya yang pendek-pendek, membuat Sansevieria moonshine cocok diletakan sebagai hiasan meja.

Inilah 7 jenis sansevieria  yang cantik dan unik. Kira-kira mana yang jadi favoritmu?