Percepat Profitabilitas, Ini Langkah Strategi GoFood

Rabu, 25 Januari 2023 | 20:30:00
Bagikan :
Penulis : Astri Supriyati

GoFood. (Special)

Ladiestory.id - GoFood kembali mengukuhkan kepemimpinannya di Indonesia serta memperkuat basis layanannya di Vietnam. Bahkan, kinerja online food delivery (OFD) Gojek, bagian dari PT GoTo Gojek Tokopedia Tbk ini juga meningkat hingga dua kali lipat dibandingkan pada 2021 lalu.

Kesuksesan ini merupakan wujud keberhasilan strategi GoFood yang berfokus pada pertumbuhan basis pelanggan setia dan berkualitas melalui inovasi produk. Director/Head of Food and Indonesia Sales & Ops PT GoTo Gojek Tokopedia, Tbk Catherine Hindra Sutjahyo mengungkapkan setiap inovasi di GoFood berfokus untuk mengembangkan solusi produk agar pelanggan semakin setia. 

GoFood. (Special)

“Pelanggan memiliki keinginan dan perilaku konsumsi makanan yang berbeda-beda. Dengan berbekal pengalaman kami selama delapan tahun menjadi ahli di pasar OFD, kami menganalisis dan memanfaatkan data untuk memetakan kebutuhan setiap pelanggan (personalisasi) agar dapat menghadirkan pilihan yang tepat supaya konsumen semakin loyal terhadap layanan kami,” kata Catherine Hindra Sutjahyo.

Selain dari sisi pelanggan, GoFood pun mengembangkan solusi bagi mitra usaha kuliner agar mereka dapat menargetkan segmen pelanggan dengan lebih efektif. Secara bersamaan, GoFood juga membantu mitra usaha kuliner meningkatkan keahlian mengelola bisnis secara berkelanjutan, agar dapat tumbuh dan mendukung bisnis yang sehat tanpa ketergantungan pada promosi”.

Langkah GoFood menuju pertumbuhan yang sehat dalam rangka mempercepat profitabilitas meliputi tiga strategi utama:

  1. Memperkuat brand GoFood sebagai layanan OFD yang memberikan pengalaman kuliner paling menyenangkan dengan rekomendasi tepat berbasis teknologi pencarian. Teknologi ini mampu merekomendasikan menu makanan dan pilihan resto yang sesuai dengan selera, histori, dan budget masing-masing pelanggan.
  2. Mengembangkan teknologi machine learning untuk alokasi promo yang lebih efektif ke calon pelanggan (potential user), pelanggan baru (new user) maupun yang telah menjadi pelanggan GoFood (existing user) yang dapat didorong menjadi pelanggan setia.
  3. Meningkatkan efisiensi dari promo yang dilakukan secara mandiri oleh mitra usaha GoFood (merchant funded promo) untuk membantu meningkatkan pendapatan mitra usaha sekaligus menekan biaya pemasaran mereka.
    GoFood. (Special)

Sepanjang 2022, GoFood sukses menjalankan beragam inisiatif yang menghadirkan solusi atas kebutuhan pelanggan serta mendukung pertumbuhan bisnis. Mode Hemat, misalnya, hadir untuk memberikan opsi biaya ongkir yang lebih terjangkau untuk menjaga daya beli pelanggan.

Selain itu, GoFood juga meluncurkan menu dengan porsi lebih kecil dengan harga lebih terjangkau. Lebih lanjut, paket berlangganan GoFood PLUS juga semakin memperoleh animo positif dari masyarakat yang mana jumlah paket langganan naik hampir 60% dibandingkan tahun sebelumnya.

Sejalan dengan apa yang dihadirkan untuk pelanggan, GoFood juga menjaga keberlangsungan ekosistem agar para mitra usaha kuliner dapat terus mengembangkan bisnisnya, termasuk melalui Dapur Bersama yang merupakan layanan cloud kitchen untuk mendorong ekspansi mitra usaha dan mendekatkan pelanggan dengan kuliner favorit mereka.

Topic GoFood Layanan pesar antar makanan Online food delivery

Trending

Tag Teratas

Berita Terkait

Berita Terkini