Anti Kesiangan, Tips agar Tidak Terlambat Bangun Sahur

Rabu, 13 April 2022 | 00:01:00

Gendis Ayu

Penulis : Gendis Ayu

Anti Kesiangan, Tips Agar Tidak Terlambat Bangun Sahur

Ilustrasi perempuan sahur. (Special)

Ladiestory.id - Salah satu permasalahan yang kerap dialami saat menjalankan ibadah puasa adalah telat bangun untuk sahur. Sehingga, banyak orang yang melewatkan sahur dan memilih untuk tidur kembali. Padahal sahur menjadi hal yang penting untuk dilakukan.

Agar tidak terlambat sahur, yuk lakukan lima tips di bawah ini!

Niat yang Ikhlas

Ilustrasi bangun tidur. (Special)

Pada dasarnya dibutuhkan niat untuk bisa bangun lebih awal untuk menjalankan sahur. Jika sudah ada tekad dan niat dalam diri sendiri, kemungkinan besar tidak akan kesiangan bangun untuk sahur.

Sayangnya, niat ini biasanya hanya dimiliki pada awal bulan puasa. Jika sudah menjelang pertengahan, semangat berpuasa mulai menurun. Inilah yang menyebabkan orang malas bangun untuk sahur.

Pada akhirnya banyak yang memilih untuk tidak sahur dan tetap menjalankan puasa. Padahal, sahur sangatlah penting dan memiliki banyak manfaat, salah satunya memberikan energi untuk menjalankan puasa selama satu hari.

Niat ini harus kembali dibangun ketika kita sudah mulai malas-malasan. Tanamkan niat dalam hati sebelum mau tidur, agar kita bisa bangun tepat waktu dan sahur bisa maksimal.

Cerdas Gunakan Alarm

Ilustrasi perempuan tidur. (Special)

Banyak orang yang tetap bangun kesiangan untuk sahur meskipun sudah mengatur alarm. Hal ini dikarenakan banyak orang yang tidak cerdas menggunakan alarm tersebut.

Agar kita bisa bangun tepat waktu dan sahur, perlunya kecermatan dalam menggunakan alarm. Jangan biasakan menekan tombol snooze atau menunda waktu ketika alarm berbunyi. Kebiasaan ini akan terus dilakukan tanpa kita sadari. Nantinya kita akan bangun terlambat dan terburu-buru untuk sahur.

Lalu, meletakkan alarm harus jauh dari jangkauan. Hal ini dilakukan untuk menghindari tangan secara otomatis memencet tombol snooze. Sehingga jika alarm berbunyi, mau tidak mau Kamu harus berjalan untuk mematikan alarm tersebut.

Tidur Lebih Awal

Ilustrasi perempuan tidur. (Special)

Beberapa orang mungkin menganggap ini adalah cara yang klise. Namun jika diterapkan, tidur lebih awal menjadi salah satu cara ampuh agar tidak kesiangan bangun untuk sahur.

Jika memang Kamu memiliki kegiatan yang padat, cobalah atur sedemikian rupa. Sehingga kegiatan tersebut bisa rampung dengan cepat dan Kamu tidak tidur terlalu malam.

Usahakan tidur lebih awal, setidaknya pukul 21.00 atau 22.00. Dengan begitu Kamu akan bisa bangun pukul 03.00 untuk sahur.

Selain itu, istirahat yang cukup akan membuat Kamu bisa bangun tepat waktu. Pasalnya tubuh tidak akan lelah dan kebutuhan istirahat telah terpenuhi.

Coba bandingkan jika Kamu tidur terlalu larut malam seperti pukul 00.00 atau 01.00. Kamu hanya memiliki waktu tidur beberapa jam dan harus bangun pagi untuk sahur. Tentu tubuh akan merasa lelah jika kebiasaan tersebut dilakukan setiap hari.

Makan Secukupnya Saat Berbuka Puasa

Ilustrasi keluarga tengah berbuka puasa. (Special)

Sebaiknya jangan makan terlalu berlebihan ketika buka puasa. Pasalnya, makan terlalu banyak saat berbuka atau setelah berbuka membuat kita kesulitan bangun untuk sahur di kemudian hari. Terbukti banyak orang yang dapat bangun lebih cepat ketika dia tidak makan terlalu banyak. Hal ini dikarenakan, mengonsumsi makanan rendah karbohidrat dan seimbang sudah cukup mengembalikan energi setelah berpuasa.

Selain itu, sebaiknya konsumsi air putih saat berbuka puasa dibandingkan makanan penutup. Pasalnya, air putih dapat membuat tubuh kenyang dan keseimbangan karbohidrat juga lebih terjaga. Jika perut terlalu kenyang saat berbuka, maka akan membuat tubuh bekerja lebih berat untuk mencerna makanan.

Tentunya, akan mengakibatkan rasa kembung dan begah di tengah malam saat menjelang tidur. Jika kita tidur dengan kualitas yang tidak baik, tentu akan membuat tubuh malas untuk bangun.

Hindari Kafein

Ilustrasi minum kopi sebelum tidur. (Special)

Beberapa orang memang memiliki gaya hidup harus minum kafein. Namun, sebaiknya Kamu lebih tahu waktu untuk mengonsumsinya.

Kamu bisa meminum kafein setelah berbuka puasa. Sebaliknya, hindari minum kopi menjelang tidur, yang nantinya malah membuat mata akan terjaga.

Namun sebaiknya, jangan terlalu sering minum kopi atau minuman kafein lainnya. Selain tidak baik untuk kesehatan, hal tersebut juga akan membuat Kamu kesulitan untuk tidur.

Usahakan minum banyak air putih setelah minum kopi. Hal ini bertujuan agar kandungan kafein dalam tubuh cepat dikeluarkan.