Kandungan Gizi Ikan Tuna Beserta 8 Manfaatnya Untuk Kesehatan

Minggu, 12 September 2021 | 00:01:00

Sofianti Herina

Penulis : Sofianti Herina

Kandungan Gizi Ikan Tuna Beserta 8 Manfaatnya Untuk Kesehatan

Foto: Ladiestory.id

Ikan adalah sumber makanan yang sehat dan dapat memberikan berbagai manfaat bagi tubuh. Tak terkecuali ikan tuna, manfaat ikan tuna bahkan tak hanya sebatas menjadi makanan rendah lemak, tapi juga dapat membantu meningkatkan daya tahan tubuh.

Manfaat ikan tuna tersebut didapatkan dari kandungan gizinya yang tak sangat lengkap, mulai dari protein hingga omega-3.

Kandungan Gizi Ikan Tuna

Kandungan Gizi Ikan Tuna
Foto: Ladiestory.id

Dalam satu porsi ikan tuna  85 gram mengandung gizi:

  • Kalori: 100
  • Lemak: 5 gram
  • Natrium: 290 miligram
  • Karbohidrat: 0 gram
  • Protein: 22 gram
  • Vitamin D: 6% dari total kebutuhan harian
  • Vitamin B6: 6% dari total kebutuhan harian
  • Vitamin B12: 15% dari total kebutuhan harian
  • Zat besi: 4% dari total kebutuhan harian

Bila dibandingkan dengan ikan salmon, kalori ikan tuna terhitung lebih rendah. Tapi, protein yang ada dalam ikan tuna tergolong lebih banyak dari ikan salmon, yaitu dalam 3 ons terdapat 24 gram protein dan 278 mg asam lemak omega-3.

Manfaat Ikan Tuna

Dengan banyaknya gizi yang terkandung dalam ikan tuna tersebut, menjadikan ikan tuna kaya manfaat, seperti :

1. Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Kandungan Gizi Ikan Tuna
Foto: Ladiestory.id

Ikan tuna mengandung vitamin C dan berbagai mineral yang dapat berperan sebagai antioksidan bagi tubuh. Selain itu, selenium dari ikan ini juga memiliki peran besar dalam melindungi tubuh dari paparan radikal bebas yang berisiko memicu timbulnya berbagai penyakit.

2. Menurunkan Darah Tinggi

Kandungan asam lemak omega-3 yang ada dalam tuna juga membuatnya mampu menurunkan tekanan darah tinggi. Selain itu, kalium yang ada dalam ikan tuna juga berperan sebagai vasodilator atau melebarkan pembuluh darah, sehingga tekanan darah pun bisa berkurang.

3. Menyehatkan Jantung

Kandungan Gizi Ikan Tuna
Foto: Ladiestory.id

Dari total kandungan lemak yang ada pada ikan tuna, sebagian besar  merupakan  asam lemak omega-3. Manfaat omega-3 dalam ikan tuna salah satunya adalah menurunkan kadar trigliserida dalam darah, mengurangi resiko terjadinya aritmia jantung, serta memperlambat penumpukan plak kolesterol yang dapat menghambat aliran darah.

4. Membantu Pertumbuhan Anak

Protein memiliki peranan yang sangat penting dalam tumbuh kembang anak. Komponen ini, bisa dibilang merupakan pondasi yang dibutuhkan untuk pertumbuhan sekaligus memberikan kemampuan dalam penyembuhan luka dan penyakit secara lebih cepat bagi tubuh. Dengan begitu ikan tuna merupakan asupan yang dapat menjadi sumber protein yang sangat baik bagi Si Kecil.

5. Mencegah Penyakit Kanker

Kandungan Gizi Ikan Tuna
Foto: Ladiestory.id

Manfaat ikan tuna yang selanjutnya adalah mencegah penyakit kanker, dimana manfaat ini berasal dari antioksidan yang dimilikinya. Komponen ini memang mampu mengurangi risiko terjadinya beberapa jenis kanker, terutama kanker kolorektal.

6. Menyehatkan Mata

Manfaat ikan tuna yang satu ini didapatkan dari kandungan asam lemak omega-3 yang ada di dalamnya. Komponen gizi ikan tuna yang satu ini, mampu mencegah penyakit mata seperti degenerasi makula. Selain itu, mengkonsumsi ikan tuna juga dapat menurunkan risiko terjadinya kerusakan mata akibat diabetes.

7. Melancarkan Sirkulasi Udara

Ikan tuna mengandung zat besi dan jika digabungkan bersama vitamin B komplek yang ada di dalamnya, maka mampu  berperan penting dalam pembentukan sel darah merah. Dengan begitu, asupan sel darah merah dalam tubuh akan selalu terjaga dan sirkulasinya pun akan lancar.

8. Menjaga Kesehatan Reproduksi

Kandungan Gizi Ikan Tuna
Foto: Ladiestory.id

Dengan mengkonsumsi 50 gram ikan tuna saja sudah bisa memenuhi 60 persen kebutuhan selenium di tubuh. Selenium sendiri berfungsi untuk membantu tubuh terlindungi dari kerusakan oksidatif akibat paparan radikal bebas dan juga penting untuk kesehatan reproduksi wanita.

Demikian ulasan tentang kandungan gizi ikan tuna beserta manfaatnya. Jangan ragu untuk konsumsi ikan, ya!

Berita Terkait