Tak Kalah Manis, Ini 5 Jenis Rempah Pengganti Gula

Senin, 6 Maret 2023 | 00:00:00

Zulfah Ariyani

Penulis : Zulfah Ariyani

Tak Kalah Manis, Ini 5 Jenis Rempah Pengganti Gula

Ilustrasi minum teh. (Special)

Ladiestory.id - Gula menjadi salah satu bahan pelengkap dari masakan. Cita rasanya yang manis membuat masakan menjadi lebih nikmat.

Namun, terlalu banyak mengonsumsi gula juga dapat menyebabkan kadar gula darah naik. Sehingga risiko terjadinya penyakit kronis seperti diabetes mellitus bisa meningkat. 

Selain gula, sebenarnya ada beberapa rempah yang bisa kamu manfaatkan sebagai bahan pemanis. Rempah ini memiliki rasa yang tak kalah manisnya dari gula namun aman dikonsumsi. Nah, berikut Ladiestory.Id telah merangkum lima jenis rempah sebagai pengganti gula. 

1. Vanili

Vanili. (Special)

Jenis rempah yang pertama yang bisa kamu manfaatkan sebagai bahan pemanis adalah vanili. Vanili umumnya dijual di pasaran dalam bentuk ekstrak maupun serbuk.

Serbuk vanili berasal dari tanaman Vanilla planifolia. Tanaman ini merupakan sejenis kacang polong berbentuk panjang, tipis, serta memiliki aroma manis yang khas. 

Cara memanfaatkan rempah ini adalah dengan cara menambahkan serbuk atau ekstrak vanili ke dalam minuman sehingga dapat memberikan rasa manis dalam minuman tersebut.

Selain itu, vanili diketahui juga mengandung polifenol yang bersifat antioksidan sehingga dapat membantu melawan radikal bebas. 

2. Kayu Manis

Kayu manis. (Special)

Jenis rempah selanjutnya yang bisa kamu tambahkan ke makanan atau minuman dan dapat memberikan rasa manis adalah kayu manis.

Kayu manis mudah ditemukan di pasaran dalam bentuk bubuk ataupun kayu kering. Saat sedang membuat makanan atau minuman, kamu bisa memasukkan sedikit bubuk kayu manis sebagai pengganti gula. 

Selain memberikan rasa manis, rempah ini juga mengandung antioksidan yang dapat membantu melawan radikal bebas. Antioksidan juga diketahui mampu mencegah terjadinya kerusakan sel tubuh sehingga kamu akan terhindar dari risiko kanker. 

3. Kapulaga

Kapulaga. (Special)

Kapulaga juga termasuk rempah yang bisa kamu jadikan sebagai pengganti gula. Kapulaga memiliki cita rasa yang khas yaitu perpaduan antara manis dan gurih.

Kapulaga aman dikonsumsi oleh penderita diabetes mellitus karena dapat membantu meningkatkan produksi insulin, sehingga gula darah dapat terkontrol. 

Kamu bisa memasukkan beberapa biji kapulaga sebagai campuran kari, sup, makanan penutup, hidangan daging, maupun untuk minuman, seperti kopi dan teh.

4. Cengkeh

Cengkeh. (Special)

Penggunaan cengkeh dalam makanan maupun minuman bukanlah sesuatu yang baru. Jenis rempah ini memberikan aroma khas dan rasa manis.

Sehingga banyak digunakan sebagai salah satu bahan pengganti gula. Kandungan glukosa yang cukup tinggi pada cengkeh dapat membuat makanan dan minuman terasa manis. 

Selain itu, terdapat juga kandungan serat, vitamin, mineral, dan senyawa antioksidan yaitu eugenol. Kandungan yang ada dalam cengkeh dapat bermanfaat bagi kesehatan dan dapat membantu menangkal radikal bebas.

Kamu bisa menambahkan beberapa buah cengkeh ke dalam masakan maupun minuman sebagai pengganti gula dan akan tercipta cita rasa manis pada makanan tersebut. 

5. Daun Stevia

Daun stevia. (Special)

Jenis rempah terakhir yang bisa kamu manfaatkan sebagai pengganti gula adalah daun stevia. Daun ini merupakan daun dari tanaman Stevia rebaudiana.

Daun ini mengandung beberapa jenis senyawa manis, yaitu stevioside dan rebaudioside A. Berkat adanya senyawa ini membuat daun stevia memiliki rasa yang manis bahkan melebihi gula. 

Meskipun memiliki rasa yang sangat manis, namun daun stevia tidak mengandung kalori. Sehingga aman dikonsumsi oleh penderita diabetes sebagai pengganti gula. Selain itu, daun stevia juga diketahui bermanfaat untuk menjaga kadar gula dalam darah. 

Ladies, itulah lima jenis rempah yang bisa digunakan sebagai bahan pengganti gula. Selain memberikan rasa manis, rempah tersebut juga bermanfaat bagi kesehatan terutama untuk membantu menangkal radikal bebas.