Tren Saat Pandemi, Ketahui 7 Manfaat Bersepeda bagi Kesehatan Tubuh

Kamis, 14 Oktober 2021 | 15:00:00

Maria Nanda

Penulis : Maria Nanda

Tren Saat Pandemi, Ketahui 7 Manfaat Bersepeda bagi Kesehatan Tubuh

Foto: Ladiestory.id

Ladiestory.id - Selama pandemi Covid-19, tren bersepeda menjadi semakin digandrungi di kalangan masyarakat. Bersepeda menjadi salah satu olahraga yang praktis dan mudah dilakukan. Ini membuat olahraga ini diminati semua kalangan usia, baik anak hingga orang dewasa.

Manfaat Bersepeda untuk Kesehatan Tubuh

Manfaat bersepeda tak hanya sekedar untuk rekreasi, namun juga sangat baik bagi kesehatan tubuh. Manfaat olahraga sepeda bisa sangat terasa apabila dilakukan setiap hari. Yuk ketahui 7 manfaat bersepeda bagi kesehatan tubuh.

1. Mengendalikan Berat Badan

manfaat bersepeda
Foto: Ladiestory.id

Bersepeda bermanfaat dalam mengendalikan atau menurunkan berat badan. Olahraga ini mampu meningkatkan metabolisme, membangun otot, serta membakar lemak tubuh. Untuk bisa mendapatkan hasil efektif, pastikan pengeluaran energi lebih besar dari asupannya.

Jika mencoba untuk menurunkan berat badan, kamu perlu mengombinasikan bersepeda dengan pola makan sehat dan seimbang. Banyaknya kalori terbakar saat bersepeda akan bergantung pada durasi, jarak, dan kecepatan kamu saat bersepeda.

Namun, sebuah studi menjelaskan bahwa bersepeda selama 30 menit setiap hari mampu membakar hampir 5 kilogram lemak dalam setahun.

2. Menjaga Kesehatan Jantung dan Pembuluh Darah

Bersepeda dapat mengoptimalkan kinerja sistem kardiovaskular, yaitu jantung dan pembuluh darah. Yakni dengan cara memperkuat otot jantung dan meningkatkan sirkulasi darah ke seluruh tubuh.

Dengan kinerja sistem kardiovaskular yang baik, risiko terkena stroke, serangan jantung, dan tekanan darah tinggi dapat dikurangi.

3. Meningkatkan Kekuatan Otot

Foto: Ladiestory.id

Ketika bersepeda, kamu akan mengayuh pedal agar tetap seimbang dan tidak jatuh. Hal ini sangat  bermanfaat untuk meningkatkan kekuatan otot.

Otot-otot lengan dan kaki kamu dipaksa untuk terus bergerak mengikuti irama kaki. Selain bermanfaat untuk meningkatkan kekuatan otot, bersepeda secara rutin juga bisa melatih keseimbangan dan koordinasi tubuh.

4. Meningkatkan Kesehatan Mental

Manfaat bersepeda juga dapat meredakan perasaan stres, depresi, atau kecemasan. Bersepeda juga dapat melatih fokus dan membantu mengembangkan konsentrasi serta kesadaran.

Jika kamu merasa letih atau lesu, naikkan intensitas sepeda Anda setidaknya selama 10 menit. Sebab, manfaat bersepeda bisa melepaskan endorfin, yang dapat membantu menurunkan tingkat stres.

5. Meminimalkan Risiko Diabetes

manfaat bersepeda
Foto: Ladiestory.id

Diabetes tipe 2 merupakan masalah kesehatan masyarakat yang serius. Kurangnya aktivitas fisik adalah alasan utama yang membuat penderita diabetes meningkat setiap waktu.

Riset dari Finlandia membuktikan, bersepeda 30 menit per hari mampu mengurangi risiko diabetes hingga 40 persen.

6. Meningkatkan Kekuatan Otak

Olahraga telah berulang kali dikaitkan dapat menyehatkan otak dan pengurangan perubahan kognitif yang dapat membuat kita rentan terhadap demensia di kemudian hari. Sebuah studi 2013 menemukan bahwa selama latihan, aliran darah pengendara sepeda di otak meningkat 28 persen, dan hingga 70 persen di area tertentu.

Tidak hanya itu, manfaat bersepeda membuat di beberapa area aliran darah tetap naik hingga 40 persen bahkan setelah olahraga. Penelitian menyimpulkan bahwa kita harus bersepeda selama 45-60 menit, empat kali seminggu.

7. Paru-paru Lebih Sehat

Saat bersepeda, kamu tentu kerap kali merasa terengah-engah dan kesulitan dalam bernapas. Meskipun terasa melelahkan dan tidak nyaman, hal ini menandakan kondisi yang baik di mana napas kamu menjadi terlatih dah kuat.

Selain itu, manfaat bersepeda, khususnya di alam terbuka, akan membuat kamu terpapar dengan udara segar yang tidak terkontaminasi polusi dari kendaraan.

Sebuah studi yang dilakukan oleh Healthy Air Campaign, Kings College London, dan Camden Council mengamati detektor polusi udara dipasang pada pengemudi mobil, pengguna bus, pejalan kaki dan pengendara sepeda menggunakan rute jalan raya melalui pusat kota London.

Hasilnya menunjukkan bahwa pengemudi mobil mengalami tingkat polusi lima kali lebih tinggi daripada pengendara sepeda, serta tiga setengah lebih dari pejalan kaki dan dua setengah kali lebih banyak dari pengguna bus.

Inilah 7 manfaat bersepeda bagi kesehatan tubuh. Jadi, sepedaan bisa jadi alternatif untuk kamu yang ingin berolahraga sekaligus menghilangkan penat.

Berita Terkait