5 Jenis Olahan Mie ala Korea, Pernah Coba yang Mana?

Rabu, 1 September 2021 | 04:50:00

Maria Nanda

Penulis : Maria Nanda

5 Jenis Olahan Mie ala Korea, Pernah Coba yang Mana?

Foto: Ladiestory.id

Siapa penggemar makanan berbahan dasar mie? Yap, mie merupakan salah satu makanan yang memiliki banyak penikmat. Mie pun dapat diolah menjadi berbagai menu makanan yang memiliki citra rasa berbeda.

Jenis Olahan Mie ala Korea

Jika begitu kita beralih, siapa yang gemar menonton drama Korea? Nah kedua hal ini saling berkaitan sebab makanan mie sering muncul di banyak adegan drama Korea.

Jika dilihat, mie ala Korea berbeda dengan olahan mie yang ada di Indonesia. Tak hanya lezat, mie ala Korea juga merupakan makanan yang sehat untuk dikonsumsi.

1. Jajangmyeon

Jenis Olahan Mie ala Korea
Foto: Ladiestory.id

Olahan mie ala Korea ini menjadi populer hingga ke masyarakat Indonesia. Sebab, jajangmyeon ini sering muncul di berbagai drama Korea. Selain itu, mie ini menarik sebab memiliki warna yang hitam. Warna ini dihasilkan dari siraman pasta kedelai hitam.

Namun siapa sangka, bahwa mie Korea ini bukanlah asli asal Korea. Melainkan paduan dari budaya Cina. Uniknya lagi, mie ala Korea ini juga terkait dengan perayaan bagi para "jomblo".

Ada tiga hari raya khas Korea Selatan yang didedikasikan untuk pertemanan dan percintaan yaitu Hari Valentine, White Day (Hari Putih), dan Black Day (Hari Hitam).

Jika kamu belum tahu mie ini, pada intinya Jajangmyeon berupa mi tebal dengan saus kacang kedelai hitam yang pekat dan berwarna kehitaman. Sebagai isian mie ada daging (umumnya daging babi) dan bawang bombay. Lalu tambahan asinan daikon sebagai pendamping.

2. Budae Jjigae

Jenis Olahan Mie ala Korea
Foto: Ladiestory.id

Makanan mie Korea ini identik dengan kuah merahnya. Isinya tidak hanya mie instan, namun ditemani berbagai toping seperti daging, bawang bombay, sosis hingga sayuran yang dimasak dalam hot pot.

Jjigae menjadi salah satu kategori masakan Korea yang berarti sup yang berkuah sedikit. Budae Jjigae adalah kata majemuk dari kata Budae yang dapat diartikan sebagai 'militer' dan Jjigae yang artinya 'masakan kuah'.

Makanya hidangan ini sering muncul setelah adanya perang Korea. Hingga budae jjigae sering disebut juga Army Stew atau Army Base Stew.

Mie ini terlahir sebab kelangkaan bahan makanan terutama di kota Seoul dan area Uijeongbu yang membuat warga mencari dan memanfaatkan makanan yang tersisa di pangkalan-pangkalan militer Amerika yang kini terdapat dalam seporsi Budae Jigae di Mujigae.

3. Naengmyeon

Jenis Olahan Mie ala Korea
Foto: Ladiestory.id

Jika di Indonesia mie identik dengan makanan yang hangat atau malah panas. Bahkan di Indonesia tidak ada sama sekali makanan yang dingin. Uniknya Korea Selatan memiliki olahan mie dingin yang dinamakan naengmyeon.

Olahan mie ala Korea ini juga sangat populer. Selain unik, mie ini juga kerap muncul di adegan drama Korea. Mereka sangat menikmati naengmyeon ini bersama es yang dicampur dengan mie tersebut. 

Naengmyeon biasanya terbagi menjadi dua jenis yaitu mul naengmyeon yaitu mi dingin dengan kuah kaldu, sayuran dan daging, dan bibim naengmyeon yaitu mi dingin yang dicampur dengan saus cabai pedas.

Mie dingin ini dibuat dari adonan yang terdiri dari tepung kentang dan tepung soba. Adonan ini kemudian dipotong tipis dan direbus. Ketika menjadi mie, dicampur dengan kaldu ayam dingin.

4. Kalguksu

Jenis Olahan Mie ala Korea
Foto: Ladiestory.id

Mie ala Korea selanjutnya ada kalguksu yang merupakan mie yang dipotong dengan pisau. Lalu mie sederhana ini kemudian disajikan dengan kaldu dan aneka topping seperti pangsit, kimchi, aneka daging, atau sayuran

Rupanya kalguksu juga menjadi salah satu olahan mie favorit di Korea. Mie Korea ini biasa dikonsumsi pada saat musim panas untuk menghangatkan bagian dalam tubuh. Sebab jika cuaca sedang panas, seseorang akan banyak makan atau minum yang dingin. Hal ini dapat menurunkan suhu tubuh.

Nah suhu tubuh yang naik turun dapat membuat badan gampang sakit. Oleh sebab itu kalguksu hadir untuk menetralkan suhu badan kita.

5. Makguksu

Jenis Olahan Mie ala Korea
Foto: Ladiestory.id

Lagi-lagi ada mie dingin ala Korea yang bernama makguksu. Makguksu merupakan hidangan mie buckwheat dingin yang disajikan dalam kaldu dingin, bersama dengan irisan mentimun, sayuran, daging, telur rebus, dan diatasnya diberi sedikit pasta cabai merah.

Mie dalam Makguksu memiliki tekstur yang lebih kenyal, karena terbuat dari tepung buckwheat. Mie ini juga cukup populer sebab sering muncul dalam beberapa drama Korea. Jika kamu berkunjung ke Korea, mie dingin yang satu ini akan mudah ditemukan di Chuncheon.

Inilah 5 jenis olahan mie ala Korea yang patut dicoba. Kira-kira mana yang jadi favoritmu?

Berita Terkait