5 Manfaat Buah Naga Untuk Anak, Baik Untuk Pencernaan!

Senin, 30 Agustus 2021 | 06:00:00

Astri Supriyati

Penulis : Astri Supriyati

5 Manfaat Buah Naga Untuk Anak, Baik Untuk Pencernaan!

Foto: Ladiestory.id

Buah naga adalah buah tropis yang berasal dari pohon kaktus. Buah ini mengandung banyak nutrisi penting yang baik bagi tumbuh kembang anak, seperti karbohidrat, serat, zat besi, magnesium, serta kaya akan vitamin.

Buah naga sendiri memiliki beberapa jenis, ada yang daging buahnya berwarna merah, ungu, kuning, dan putih. Namun, yang paling mudah dijumpai adalah buah naga dengan daging buah berwarna merah dan putih.

Manfaat Buah Naga Untuk Anak

Meskipun buah naga mengandung banyak biji, tetapi buah naga baik untuk diberikan pada bayi usia 6 bulan sebagai makanan pendamping ASI. Biji buah naga justru mengandung omega-3 dan omega-6 yang baik untuk tubuh dan tumbuh kembang anak. Lantas, apa saja manfaat buah naga untuk anak? Berikut sajian informasi tentang 5 manfaat buah naga untuk anak.

1. Menjaga daya tahan tubuh

Foto: Ladiestory.id

Buah naga mengandung banyak vitamin yang baik untuk tubuh, salah satunnya vitamin C. Kandungan vitamin C dalam buah naga dapat membantu meningkatkan dan menjaga daya tahan tubuh Si Kecil. Jika daya tahan tubuh anak kuat, maka anak tidak akan mudah terserang penyakit. Bahkan dapat mempercepat proses penyembuhan luka dan sariawan.

Bukan hanya itu, kombinasi vitamin C dan zat besi yang terkandung dalam buah naga pun dipercaya dapat meningkatkan penyerapan zat besi dari makanan. Zat besi sangat penting untuk anak karena merupakan komponen utama pembentuk senyawa hemoglobin. Senyawa ini membantu agar tubuh anak tidak kekurangan oksigen yang membahayakan kesehatan.

2. Melancarkan sistem pencernaan

Dalam usus manusia terdapat banyak mikroorganisme dan bakteri yang dapat memengaruhi kesehatan orang dewasa dan anak-anak. Mengonsumsi buah naga secara rutin dipercaya dapat meningkatkan pertumbuhan bakteri baik dalam usus, sehingga kesehatan usus dapat terjaga.

Selain itu, buah naga juga mengandung serat yang baik untuk sistem pencernaan. Serat dapat membantu anak melancarkan buang air besar dan terhindar dari masalah sembelit.

3. Menjaga kesehatan tulang dan gigi

Foto: Ladiestory.id

Buah naga dikenal kaya akan nutrisi, seperti vitamin dan mineral yang baik untuk kesehatan tubuh. Kandungan kalsium dan magnesium yang ada di dalam buah naga bermanfaat untuk menjaga kesehatan tulang dan gigi anak.

Kalsium dalam buah naga juga dipercaya dapat mencegah osteoporosis atau pengeroposan tulang. Selain itu, buah naga juga mengandung magnesium yang memiliki manfaat untuk menjaga tekanan darah tetap normal serta menjaga kesehatan jantung.

4. Kaya akan antioksidan untuk mencegah radikal bebas

Bukan hanya kaya akan vitamin dan kalsium, buah naga juga kaya akan antioksidan. Antioksidan berperan penting untuk menangkal radikal bebas dan melindungi sel-sel tubuh dari kerusakan yang dapat menyebabkan pernyakit berbahaya, seperti kanker. Antioksidan pun mampu menambah stamina tubuh Si Kecil dan mengurangi peradangan pada tubuh anak.

5. Camilan yang sehat untuk anak-anak

Foto: Ladiestory.id

Buah naga dikenal mengandung rendah kalori, kolestrol, dan lemak sehingga cocok untuk dijadikan camilan sehat untuk anak-anak. Buah naga mengandung sekitar 60 kalori per 100 gram dagingnya.

Dengan begitu, buah naga menjadi salah satu buah tropis yang rendah kalori dan mengandung lebih sedikit gula dan karbohidrat. Selain itu, buah naga juga mengandung serat yang dapat membuat Si Kecil merasa kenyang lebih lama.

Dengan beberapa manfaat buah naga untuk anak di atas, Anda tidak perlu ragu untuk rutin memberikan buah naga pada anak. Namun, buah naga juga dapat memicu alergi pada sebagian orang.

Berita Terkait